Friday, 19 April 2024
HomeBerita30 Maret, RSD Wisma Atlet Menangani 92 Pasien Positif Corona

30 Maret, RSD Wisma Atlet Menangani 92 Pasien Positif Corona

BOGORDAILY – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono mengatakan, rumah sakit darurat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, terus menerima pasien Virus Corona atau Covid-19. Terbaru per hari ini, Senin (30/3), tepatnya pukul 08.00 WIB, tercatat ada 411 orang dirawat.

“Perkembangan jumlah pasien rawat inap di RSD. Wisma Atlet sampai dengan Senin 30 Maret 2020 pukul 08.00 WIB, jumlah 411 orang,” katanya kepada merdeka.com.

Ia menjelaskan, dari 411 tersebut terdiri dari 252 pria dan 159 wanita. Yudo mengungkapkan, total 411 itu pun dibagi menjadi tiga golongan, yakni pasien positif Corona, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Positif Covid-19 92 orang, PDP 230 orang dan ODP ada 89 orang,” terangnya.

Sementara itu, dia menambahkan, terdapat dua pasien meninggal dunia. Adapun kedua pasien tersebut, wanita berusia 72 tahun dan pria berumur 47 tahun.

“Penyebabnya saya tidak tahu, silakan dianalisa sendiri bila pasien meninggal di RSD Covid,” tutupnya.

Sebelumnya, Rumah Sakit ini dapat menampung kurang lebih 2.500 pasien. Ada beberapa gedung yang sudah di-upgrade menjadi tempat perawatan pasien Covid-19, di antaranya ada empat gedung. Khusus gedung atau Tower 6 dan 7 dilengkapi peralatan seperti laboratorium dan ruang radiologi, ruang isolasi (ICU maupun non ICU) untuk merawat pasien Corona.

Pada saat pelaksanaannya, RS Penanganan Darurat Covid-19 ini, akan dibagi dalam 3 zona.

Pertama Zona Hijau adalah Tower 1, akan diisi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Hanya orang yang berkepentingan yang dapat memasuki daerah ini. Termasuk di dalamnya dari pihak TNI, Polri, BNPB dan kelompok relawan.

Kedua Zona Kuning adalah Tower 3, akan diisi oleh Dokter, Perawat dan Petugas Paramedis lainnya.

Ketiga Zone Merah adalah Tower 6-7, adalah RS Darurat Penanganan Covid-19. Hanya mereka yang menggunakan APD lengkap yang dapat masuk ke zona ini selain pasien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here