Sunday, 19 May 2024
HomeBerita40 Peserta Ikut Magang Kearsipan di DAPD Kabupaten Bogor

40 Peserta Ikut Magang Kearsipan di DAPD Kabupaten Bogor

BOGOR DAILY – Sebanyak 40 peserta dari mulai Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), staf desa dan kecamatan, di Kabupaten Bogor mengikuti kegiatan magang kearsipan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Bogor. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, mulai 17 sampai 18 Maret 2020.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor, TB Lutfie Syam, mengatakan, 40 peserta yang ikut proses magang pada Selasa (17/3) hari ini merupakan gelombang pertama.

Adapun latar belakang digelarnya kegiatan magang ini lantaran DAPD sering memperoleh permohonan dari organisasi perangkat daerah (OPD), kecamatan yang meminta membereskan arsip di semua dinas.

“Sebetulnya arsip itu penanggung jawabnya di pembuat. Nah ini melalui magang ini diharapkan kesadaran ini muncul sambil pengetahuannya diberikan oleh kita,” katanya kepada Bogordaily.net.

Selain itu,   pihaknya juga akan melaksanakan audit kearsipan di semua OPD, desa dan kecamatan sesuai dengan peraturan Undang-Undang dari pemerintah pusat.

“Harusnya ini sudah berjalan dari dua tiga tahun yang lalu. Tapi belum bisa kami jalankan. Kan gak mungkin juga kami melakukan audit tapi teman-teman di OPD diberikan pemahaman di arsip ini dari mulai diciptakan sampai dipelihara,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, maksud dari tujuan magang sendiri yaitu supaya ke depannya arsip di Pemerintahan Kabupaten Bogor bisa dikelola dengan baik dan tidak mudah hilang.

“Sekarang juga kita mulai masuk, sebetulnya bukan era digitalisasi. Itu sudah lewat. Saat ini era mobile supaya semuanya bisa bergerak. Jadi kami kedepan akan banyak menggunakan aplikasi android di dalam soal pengelolaan kearsipan yang materinya diberikan selama dua hari, mulai hari ini sampai besok,” tukasnya.

Sekedar diketahui, dalam pembukaan magang kearsipan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor turut dihadiri, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here