Friday, 29 March 2024
HomeNasionalBlak-blakan BPPTKG soal Erupsi Gunung Merapi 6.000 Meter

Blak-blakan BPPTKG soal Erupsi Gunung Merapi 6.000 Meter

BOGOR DAILY- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi atau Yogyakarta mengungkap kronologi Gunung Merapi, Selasa, 3 Maret 2020. Informasi sementara, Merapi terjadi pada tanggal 3 Maret 2020 pukul 05.22 WIB.

Berdasarkan Informasi dari dan pengamatan visual, bahwa telah terjadi di Gunung Merapi tanggal 3 Maret 2020 pukul 05.22 WIB.

tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 450 detik. Teramati tinggi kolom lebih kurang 6.000 meter dari puncak. Awan panas guguran ke arah hulu Kali Gendol dengan jarak maksimal 2 kilometer.

“Arah angin saat ke utara,” kata Hanik Humaida, Kepala dalam siaran kronologi Merapi, Selasa, 3 Maret 2020.

Dampak dari erupsi ini, sesuai catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta, terjadi persiapan pergerakan warga di lereng Merapi sisi timur, di titik kumpul. Tepatnya di wilayah Kalitengah Lor dan Kalitengah Kidul. Alat transportasi disiapkan secara mandiri oleh warga.

“Pembagian masker oleh BPBD Sleman dan BPBD Daerah Istimewa Yogyakarta di wilayah tersebut,” kata kepala BPBD Daerah Istimewa Yogyakarta Biwaea Yuswantana.

Sedangkan di wilayah tengah, yaitu di Umbulharjo dan Kepuharjo Cangkringan, terpantau tenang, tidak ada pergerakan warga. Di wilayah barat, yaitu Pakem, Turi dan Tempel, tidak ada pergerakan warga untuk mengungsi.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 kilometer dari Puncak Merapi, serta mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here