Monday, 13 May 2024
HomeBeritaContoh Korea Selatan, Pemprov Jabar Akan Gelar Tes Massal Covid-19

Contoh Korea Selatan, Pemprov Jabar Akan Gelar Tes Massal Covid-19

BOGOR DAILY – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kami, berencana akan menggelar tes Virus Korona atau Covid-19 secara massal untuk warga Jabar dengan sistem Drive Thru atau tes di kendaraan meniru Negara Korea Selatan. Hal itupun diungkapkan oleh mantan Walikota Bandung di Rumah Dinas Walikota Bogor.

RK sapaan akrabnya mengatakan, untuk tes massal nanti sesuai dengan kriterianya di daerah masing-masing. Kalau di DKI Jakarta sendiri kata RK, itu secara dor to dor karena ruang lingkupnya kecil.

“Kalau jabar kan sangat heterogen untuk menjangkaunya luas, bisa tapi tidak cepak. Salah satunya mencari lahan yang luas mereka datang dengan jadwal yang ditentukan, dan tidak turun dari kendaraan dan tidak ada persentuhan fisik. Selama 10 menit, kalau positif dia langsung dilakukan penanganan, kalau negatif kita surih pulang,” katanya, kepada wartawan, Minggu (22/3/2020).

Orang nomor satu di Jabar ini juga mengatakan, tahapan pengetesan itu pertama ke Orang Dalam Pemantauan (ODP) dengan radius 50 orang. Seperti yang berprofesi sebagai petugas kesehatan dan yang banyak berinteraksi dengan masyarakat banyak.

“Tapi itu tidak seluruhnya, Korea Selatan aja baik di mata WHO, yang di sampling itu ada 200 ribuan, melakukan tes ke 15 ribu orang per hari nya. Kapan waktunya kita menuggu kepastiannya, besok Senin (23/3/2020) kalau sudah ada, maka Selasa sudah dilaksanakan,” ucapnya.

Pria yang mengenakan kaca mata ini mengintruksikan juga, agar kordinasi libur kerja seperti di Depok, Bekasi, Bogor harus menyesuaikan dengan DKI Jakarta. Karena, lokasi tiga daerah itu berdekatan dengan Jakarta.

“Ada beberapa hal, pertama kordinasikan libur kerja Bogor, Depok dan Bekasi, harus sesuai dengan kebijakan DKI dan di pertimbangka masing-masing daerah juga,” tukasnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here