Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorDampak Gempa di Sukabumi, Sejumlah Rumah di Pamijahan Bogor Ambrol

Dampak Gempa di Sukabumi, Sejumlah Rumah di Pamijahan Bogor Ambrol

BOGOR DAILY – Sekretaris Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Wahyu, menyebutkan, sebanyak lima kampung terkena dampak gempa bumi yang terjadi wilayah Timur Laut Kabupaten Sukabumi yang terasa sampai ke Kabupaten Bogor, Selasa (10/3/2020) pukul 17:18 WIB sore tadi.

“Ada lima Kampung Cisalada, Cigarehong, Cisalak, Cipamubutan dan Campedak, di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan,” katanya kepada Bogordaily.net.

Saat ini, dirinya sedang melakukan kordinasi dengan pihak Rukun Tetangga (RT) yang ada di kampung Desa Purwabakti tersebut. “Lagi ngecek dulu iah kang, informasi baru itu saja,” tukasnya.

Sebelumnya, Gempa Bumi yang terjadi di wilayah Timur Laut Kabupaten Sukabumi yang terasa ke Bogor, membuat bangunan salah satu rumah di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, rusak.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Pranowo, mengatakan, wilayah di selatan Kabupaten Bogor terasa lebih kencang.

“Ia terasa yang Selatan, karena empirsentrum di Sukabumi Selatan,” katanya kepada Bogordaily.net, Selasa (10/3/2020).

Menurutnya, di wilayah Kabupaten Bogor wilayah Barat terasa lebih lama. Karena, berdekatan dengan Sukabumi Selatan seperti di wilayah Kecamatan Leuwiliang, Pamijahan.

“Pamijahan dan Leuwiliang lama terasanya dan Kota Bogor juga, saat ini sedang menugaskan petugas BPBD untuk mengecek langsung kondisi rumah yang katanya rusak,” tukasnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, (BMKG) menyebutkan, gempa Selasa (10/3/2020) sore pukul 17:18 WIB telah mengguncang wilayah timur laut Kabupaten Sukabumi, dan sekitarnya.

BMKG mengumumkan gempa bumi tersebut berkekuatan 5.0 Mg, terasa sampai wilayah Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Kota Bogor dan Depok.

Menurut BMKG pusat gempa berada dilaut 13 Kilo meter di Timur Laut Kabupaten Sulabumi, adapun kedalaman pusat gempa (hiposentrum) tersebut adalah 10 Km. (Andi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here