Tuesday, 21 May 2024
HomeBeritaDisdukcapil Segera Launching Aplikasi Baru

Disdukcapil Segera Launching Aplikasi Baru

Untuk Mempermudah Masyarakat, Disdukcapil Kota Akan Luncurkan Aplikasi Baru

DAILY – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota akan meluncurkan aplikasi baru guna memudahkan pelayanan kepada warga.

Kepala Disdukcapil Kota , Sujatmiko Baliarto, belum bisa membocorkan nama aplikasi yang akan diluncurkan. Karena, saat ini masih proses pengerjaan dan akan segera rampung.

“Belum bisa dibocorkan, soalnya nanti kita akan launching, saat ini masih dalam pengerjaan dan hampir selesai, masih dirahasiakan,” katanya kepada Bogordaily.net ketika ditemui diruangan kerjanya, Selasa (11/3/2020).

Pihaknya saat ini masih berkoordinasi dengan  Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Wali Kota terkait peluncuran aplikasi tersebut.

“Kita mau lapor dulu nanti ke pihak Ditjen dan pak Wali Kota, intinya aplikasi ini akan mempermudah masyarakat Kota , dan masih dirahasiakan,” tukasnya.

Sebelumnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota telah melakukan pencetakan Suket (surat keterangan) secara masal menjadi KTP elektronik atau E-KTP.

Hal itu untuk memastikan apakah suket pengganti KTP- elektronik sudah dicetak atau belum oleh Disdukcapil Kota , warga bisa terlebih dahulu melakukan pengecekan dengan aplikasi scan QR & Barcode Scanner yang tertera pada suket. Aplikasi dapat diunduh (download) gratis di playstore khusus android.

Langkah selanjutnya, warga bisa membuka link yang ditampilkan dari hasil scan QR & Barcode Scanner tersebut dan akan mendapat informasi sudah tercetak atau belum.

“Jika belum ada keterangan informasi cetak, silahkan mendatangi Kecamatan masing-masing atau kantor Disdukcapil Kota ,” katanya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here