Friday, 26 April 2024
HomeBeritaHasil Liga Champions: PSG ke Perempatfinal Usai Kalahkan Dortmund 2-0

Hasil Liga Champions: PSG ke Perempatfinal Usai Kalahkan Dortmund 2-0

BOGORDAILY – Paris St. Germain memastikan diri lolos ke perempatfinal . PSG mengalahkan Borussia Dortmund 2-0 untuk melaju dengan keunggulan agregat 3-2.

PSG menjamu Dortmund di Parc des Princes dalam laga leg kedua babak 16 besar, Kamis (12/3/2020) dinihari WIB. Kedudukan awal 2-1 untuk keunggulan Dortmund usai memenangi leg pertama.

Kelolosan PSG ditentukan oleh gol-gol yang dicetak Neymar dan Juan Bernat di babak pertama. Dortmund menyudahi permainan dengan 10 orang setelah Emre Can diganjar kartu merah di menit-menit akhir pertandingan.

Hasil ini turut menandai laju terjauh PSG di dalam empat musim terakhir usai selalu kandas di babak 16 besar. Sementara Dortmund lagi-lagi tersisih di fase yang sama untuk ketiga kali berturut-turut.

Jalannya Pertandingan

PSG langsung menekan Dortmund sejak menit-menit awal. Akan tetapi, justru Dortmund yang mampu menciptakan peluang bersih pertama di pertandingan ini.

Di menit ke-19, Achraf Hakimi mengirim bola mendatar yang bergulir di depan gawang PSG tapi gagal dijangkau Erling Haaland. Bola diteruskan Raphael Guerreiro dengan crossing meski penyelesaian Jadon Sancho melenceng.

Enam menit kemudian, PSG membuang peluang emas. Umpan terobosan Di Maria membebaskan Edinson Cavani tapi dalam situasi one-on-one Buerki mampu membelokkan eksekusii striker PSG itu sehingga bola melebar tipis dari gawangnya.

Kebuntuan terpecah di menit ke-28. Neymar mencetak gol untuk membuka keunggulan PSG.

Gol tersebut tercipta diawali dari sepak pojok. Angel Di Maria melepaskan sepakan melengkung yang jatuh di depak gawang untuk disambut Neymar dengan sundulan yang tidak kuasa diadang Roman Buerki. PSG memimpin 1-0, sekaligus menyamakan agregat 2-2 dengan Dortmund.

Tertinggal, Dortmund mulai melakukan serangan-serangan. Kerjasama satu-dua Sancho dengan Guerreiro di sayap kiri diakhiri dengan sepakan dari sudut sempit tapi masih bisa diredam Keylor Navas. Sebelumnya, sepakan Sancho masih mengarah ke Navas.

Memasuki lima menit terakhir waktu normal, Dortmund kembali mengancam gawang PSG. Thorgan Hazard memenangi bola di sepertiga akhir sebelum dituntaskan dengan tembakan dari tepi kotak penalti, meski bola melenceng.

Hanya sebelum turun minum, PSG berhasil memperbesar keunggulannya menjadi 2-0. Skema serangan balik memungkinkan Pablo Sarabia mengirim umpan silang yang diselesaikan Juan Bernat dengan sontekan dari jarak dekat. Dengan kedudukan ini, PSG berbalik unggul agregat 3-2 dari Dortmund.

Tim tamu kemudian ganti aktif menyerang di awal-awal babak kedua, sekalipun belum mampu merepotkan Navas. PSG nyaris menambah keunggulannya saat tendangan bebas melengkung Di Maria ke arah sudut atas gawang bisa diselamatkan Buerki.

Giliran Dortmund menebar ancaman. Kerjasama dengan Emre Can dituntaskan Sancho dengan tembakan melengkung tapi bola masih melebar. Kemudian sepakan Julian Brandt melambung tipis di atas gawang PSG.

Di tengah usahanya mencetak gol, Dortmund justru kehilangan Can usai dikartu merah karena melanggar Neymar. Insiden itu menimbulkan keributan yang melibatkan pemain kedua kubu sebelum bisa diredakan.

Susunan Pemain

Line-up PSG vs Dortmund

Paris Saint-Germain
4-2-2-2
Paris Saint-Germain 2 0 Borussia Dortmund Borussia Dortmund
3-4-3
Champions League

Paris Saint-Germain

1 Keylor Navas GK
3 Presnel Kimpembe DF
4 Thilo Kehrer DF
5 Marquinhos 90‎ DF
8 Leandro Paredes 90‎+‎2‎ MF
9 Edinson Cavani FW
10 Neymar 28‎90‎ MF
11 Ángel Di María 79‎90‎ MF
14 Juan Bernat 45‎+‎1‎68‎ DF
19 Pablo Sarabia 64‎ FW
27 Idrissa Gueye MF

Substitutes

7 Kylian Mbappé 64‎90‎+‎3‎ Sub
20 Layvin Kurzawa 79‎ Sub
35 Tanguy Kouassi 90‎+‎2‎ Sub

Manager

Thomas Tuchel MAN

Borussia Dortmund

1 Roman Bürki GK
2 Dan-Axel Zagadou DF
5 Achraf Hakimi 87‎ MF
7 Jadon Sancho FW
13 Raphael Guerreiro MF
15 Mats Hummels 61‎ DF
17 Erling Haaland 16‎ FW
23 Thorgan Hazard 69‎ FW
26 Lukasz Piszczek DF
27 Emre Can 89‎ MF
28 Axel Witsel 71‎ MF

Substitutes

10 Mario Götze 87‎ Sub
19 Julian Brandt 69‎ Sub
32 Giovanni Reyna 71‎ Sub

Manager

Lucien Favre MAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here