Friday, 29 March 2024
HomeBeritaJalan Amblas, Delapan Ruko Langsung Ambruk

Jalan Amblas, Delapan Ruko Langsung Ambruk

BOGOR DAILY-  Sebanyak 8 ruko di Jalan Sultan Agung, Jember, ambruk akibat amblasnya tepi jalan yang ada di depan ruko. Salah seorang warga mengaku mendengar suara retakan trotoar sebelum jalan ambles yang diikuti .

Bunyi retakan keramik trotoar jalan terdengar cukup keras. Bunyi retakan tersebut terdengar sejak pukul 03.00 WIB, satu jam sebelum ambruknya ruko.

“Saat itu sekitar pukul 3 pagi, terdengar bunyi retakan dari keramik trotoar jalan depan ruko. Keras bunyinya. Terus kabel listrik PLN depan ruko menegang. Padahal biasanya renggang gitu mas,” kata Sekuriti Toko Rien Collection Dedi Budi Setiawan saat dikonfirmasi wartawan.

Toko Rien Collection sendiri lokasinya berada di seberang jalan ruko yang roboh. Dedi yang saat kejadian bertugas menjaga toko sejak pukul 12 malam bersama dengan rekannya Yasin, sudah merasakan akan terjadi ambruknya ruko yang ada di seberang jalan tempat kerjanya itu.

“Terasa kalau mau ambruk, selain kabel yang menegang, juga ada bunyi retakan. Biasanya juga ada pemulung tidur di trotoar jalan ruko itu. Juga kami usir agar tidak berada di lokasi kejadian,” jelasnya.

Setelah terdengar bunyi retakan yang cukup lama tersebut, sekitar pukul 04.14 WIB atau sejam kemudian ruko tersebut ambruk.

“Kejadiannya cepat, diawali kabel listrik PLN di depan toko putus, dan langsung ambruk itu. Saat kejadian untuk kondisi jalan sepi. Tapi saya dengan Pak Yasin inisiatif menutup jalan. Karena khawatir ada yang lewat untuk berangkat ke pasar,” ujarnya.

Lokasi  berada di jalur nasional Banyuwangi-Jember, dan setiap paginya sejak pukul 2 pagi, banyak kendaraan dari arah barat ke timur untuk berangkat ke Pasar Tanjung yang tidak jauh dari lokasi kejadian.

“Setelah kami tutup jalannya yang mau melintas, saya suruh memutar lewat jalan lain. Karena memang biasanya jalan ini untuk berangkat pedagang atau masyarakat ke Pasar Tanjung,” kata Dedi.

“Baru sekitar pukul setengah 6 polisi datang, dan mengatur lalu lintas. Hingga sekarang kemudian proses perbaikan ini. Untuk aliran listrik juga padam sejak pukul 7 pagi tadi,” imbuhnya.

detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here