Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaMenurut Ahli Imunologi Duel Atalanta Vs Valencia Menyebarkan COVID-19

Menurut Ahli Imunologi Duel Atalanta Vs Valencia Menyebarkan COVID-19

BOGORDAILY – Pakar imunologi mengklaim duel  menjadi salah satu pemicu wabah virus corona di wilayah Bergamo, Italia. COVID-19 menyebar dari kota Milan.

Pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions antara Atalanta kontra Valencia di Stadion San Siro pada 20 Februari lalu menyisakan kabar buruk. 40 ribu penggemar La Dea yang menyaksikan langsung timnya meraih kemenangan 4-1 atas tim tamu itu diduga membawa virus corona ke kota asalnya di Bergamo.

Bergamo kini menjadi salah satu wilayah dengan dampak virus corona terbesar di Italia. Football Italia mencatat 533 korban meninggal dunia di sana akibat penyakit tersebut hingga Kamis (19/3/2020).

Menurut ahli imunologi Italia, Francesco Le Foche, persebaran virus di Bergamo salah satunya dibawa oleh para penggemar Atalanta yang menyaksikan langsung pertandingan Liga Champions di San Siro, Milan. Kota yang terkenal dengan ikon fashionnya itu memang menjadi salah satu wilayah awal yang terpapar virus corona di Negeri Pizza tersebut.

“Kemungkinan ada beberapa pemicu utama dan katalis untuk penyebaran virus. Pertandingan Atalanta-Valencia bisa menjadi salah satunya,” kata La Foche kepada Corriere dello Sport, dilansir dari Football Italia.

“Itu adalah puncak euforia kolektif di musim sepakbola yang unik bagi klub tersebut. Satu bulan telah berlalu sejak pertandingan itu, jadi waktunya memang tepat,” dia menambahkan.

“Kumpulan ribuan orang, masing-masing berjarak satu sentimeter, teribat dalam manifestasi euforia seperti berpelukan, berteriak, semuanya saling berbalasan. Saya membayangkan banyak yang tak mau melewatkan laga itu jika sudah memegang tiket, bahkan jika mereka merasa sedikit demam.”

“Melihat ke belakang, itu gila banget bermain di tengah kerumunan. Meskipun saat itu masalah ini belum jelas betul, tetapi saat ini sesuatu seperti itu tidak mungkin terpikirkan,” ujar La Foche.

Valencia juga menjadi tim yang terdampak saat melakoni laga kontra Atalanta di San Siro. 35 persen dari skuat dan staf mereka positif terjangkit virus corona seusai menjalani duel di Milan itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here