Friday, 17 May 2024
HomeKabupaten BogorPD Pasar Tohaga Luncurkan Program Mitoha

PD Pasar Tohaga Luncurkan Program Mitoha

BOGOR DAILY – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Tohaga, Kabupaten Bogor akan meluncurkan . Ini menyusul adanya rencana lockdown atau karantina wilayah yang saat ini tengah dibahas pemerintah pusat dan daerah.

Direktur Utama , Haris Setiawan, mengatakan, jika kebijakan lockdown diambil, maka sejumlah pasar pun mau tak mau akan tutup.

“Masifnya penyebaran covid-19, keberadaan pasar tradisional menjadi sorotan. Kemungkinan pasar ditutup total sangat kecil, walaupun berita karantina wilayah sudah santer dimana mana,” katanya dalam pres rilis yang diterima Bogordaily.net. Minggu (29/3/2020).

Ia menjelaskan, pertimbangan itu sangat jelas, masyarakat akan kehilangan arah jika tempat penyedia kebutuhan pangan mereka tidak ada.

“Mencoba memperpendek mata rantai keramaian, Tohaga merilis Mitoha, singkatan dari Mitra Tohaga yang menginformasikan kontak pedagang pangan harian yang bisa online dihubungi warga, dan mengantarkan kebutuhan pangan ke rumah-rumah warga,” jelasnya.

Haris sapaan akrabnya juga mengungkapkan, bahwa program semi e-commerce ini diluncurkan mengingat situasi darurat yang sedang dihadapi Kabupaten Bogor. Apalagi, anjuran dari pemerintah untuk dirumah saja sedikit kontradiktif dengan situasi real Pasar yang masih ramai setiap hari nya.

“Saat ini baru pasar pasar besar yang sudah menerapkan sistem online ini, sisanya menyusul di tiga hari mendatang, target kami semua pasar bisa menjalankannya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat Tohaga akan menyediakan Wastafel Portable di titik titik gerbang pasar. Tujuan nya agar warga pasar, mulai dari pengelola, pengunjung, dan pembeli lebih sering cuci tangan untuk meminimalisir penularan Covid-19.

“Kami bekerjasama dengan pihak terkait agar wastafel portabel ini bisa tersedia di tiap pasar. Besok fix Pasar Cibinong, Cileungsi, Cigudeg dan Cisarua dipasang wastafel portable,” tukasnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here