Saturday, 2 March 2024
HomeBeritaPolda Metro: Belum Ada Penutupan Jalan

Polda Metro: Belum Ada Penutupan Jalan

BOGOR DAILY-Direktur Lalu Lintas Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yugo tak membantah mengenai telegram dari Kapolda Metro Jaya kepada jajarannya mengenai instruksi atau alih arus kendaraan yang akan keluar atau masuk wilayah Jakarta.

Sampai hari ini Sambodo mengatakan belum ada perintah untuk menjalankan instruksi telegram tersebut.

“Belum ada perintah untuk penutupan, (masih) nunggu instruksi pemerintah pusat,” ujar Sambodo seperti dilansir Tempo, Senin, 30 Maret 2020.

Menurut Sambodo, instruksi yang tertuang dalam surat bernomor: STR/414/III/OPS.2/ pada tanggal 28 Maret 2020 itu hanya simulasi untuk kesiapan penutupan wilayah saja. Dalam simulasi tersebut, masyarakat yang akan keluar dan masuk Jakarta akan dibatasi dalam rangka pencegahan penularan virus corona atau COVID-19.

“Itu hanya simulasi untuk kesiapan (),” kata Sambodo.

Adapun rincian instruksi penutupan dan pengalihan arus seperti yang disebutkan dalam telegram itu, sebagai berikut,

1. Traffic light Pangkalan Jati – Jalan Kalimalang

Arus kendaraan dari barat yang menuju ke Bekasi atau arah Jawa dari traffic light Halim Lama lurus Jalan Raya Kalimalang lurus sampai traffic light Borobudur lurus sampai dengan Pos Pam Penyekatan di traffic light Pangkalan Jati. Apabila lolos, lurus traffic light Radin Inten lurus sampai traffic light Lampiri lurus sampai Pos Pam Penyekatan di traffic light H. Naman. Arus kendaraan dialihkan putar balik di U Turn kembali ke arah barat atau Jakarta.

2. Traffic light Cakung-Cilincing (Cacing) – Jalan Raya Bekasi

Arus kendaraan dari arah barat atau utara menuju Bekasi atau arah Jawa di traffic light Coca Cola lurus Jalan Perintis Kemerdekaan lurus sampai traffic light Kelapa Gading lurus sampai dengan traffic light Warung Jengkol lurus masuk Jalan Sultan Hamengkubuwono lurus sampai traffic light Pupar lurus masuk Jalan Raya Bekasi sampai dengan Pasar Cakung lurus sampai Pos Pam Penyekatan di traffic light Cakung-Cilincing di bawah jalan Tol H. Naman, arus kendaraan akan dialihkan putar balik di U Turn kembali ke arah barat atu Jakarta atau dialihkan belok kanan menuju Jalan Komarudin arah Pulo Gebang.

3. Traffic light Pasar Rebo – Jalan Raya Bogor

– Arus kendaraan dari selatan atau arah Bogor dan Depok menuju Jakarta melewati traffic light Cibubur lurus traffic light Keong lurus traffic light Graha Cijantung lurus sampai Pos Pam Penyekatan di traffic light Pasar Rebo dialihkan di U Turn kembali ke arah selatan atau Depok dan Bogor

– Arus kendaraan dari arah utara atau Kramatjati menuju Bogor dan Depok melewati traffic light PGC Cililitan lurus traffic light Hek lurus sampai Pos Pam Penyekatan di traffic light Pasar Rebo dialihkan putar balik di u turn ke arah utara atau Kramatjati.

– Arus kendaraan dari arah timur atau Cipayung atau Kampung Rambutan menuju Bogor dan Depok melewati lurus sampai Pos Pam Penyekatan dialihkan putar balik di u turn Lotte kembali ke arah timur.

– Arus kendaraan dari arah Caglak menuju Bogor dan Depok melewati traffic light Rindam lurus Pertigaan Caglak sampai dengan Pos Pam Penyekatan di traffic light Pasar Rebo dialihkan belok kiri ke arah Kramatjati.

Selain itu, dokumen di Jakarta Selatan juga beredar. Namun Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Sri Widodo mengatakan belum ada . “Belum ada penutupan, itu kan data perencanaan nanti kalau ada kegiatan jelang Lebaran,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here