Friday, 19 April 2024
HomeKabupaten BogorWajib Disimak!! Ini Poin-poin Penting Musrenbang RKPD 2021 dan Arah Pembangunan Kabupaten...

Wajib Disimak!! Ini Poin-poin Penting Musrenbang RKPD 2021 dan Arah Pembangunan Kabupaten Bogor

BOGOR DAILY – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah, memaparkan, bahwa Musyawarah Rencana Pembangunan () Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 terfokus kepada program Pancakarsa.

Ifah sapaan akrabnya itu mengatakan, bahwa program Pancakarsa seperti Bogor Berkeadaban terdiri dari 12 poin yang menjadi prioritas. Di antaranya menggiatkan kegiatan Jumat Keliling (Jumling) dan Rebo Keliling (Boling), Gerakan Bogor Ngaos dan lain sebagainya. Hal itupun diungkapkan saat pemaparan diacara RKPD tahun 2021.

Ia juga menjelaskan dalam Bogor Cerdas terdiri diantaranya menuntaskan rehabilitasi ruang kelas SD dan SMP dalam kurun waktu tiga tahun (2019-2021), Penerbitan Kartu Bodas, Pelayanan PKBM bagi pesantren salafiyah dan lain sebagainya.

“Untuk di Bogor Sehat yaitu meliputi, pemberian Kartu Sehat, pelayanan Bogor Siaga, gerakan Bogor bebas Stunting, gerakan Bogor Bebas Asap Rokok dan pembangunan RSUD Bogor Utara,” katanya.

Lanjut wanita berkacamata itu, Bogor Maju juga meliputi pembangunan career center, penerbitan kartu tani dan lain sebagainya. Sementara dalam Bogor membangun, Pemkab Bogor fokus pada betonisasi jalan desa, terbangunnya jalan Poros Tengah Timur dan lainnya.

Dalam RKPD ini, Syarifah menyebut ada beberapa tujuan yang ingin dicapai. Diantaranya menyepakati permasalahan yang dituangkan dalam isu pembangunan daerah. Menyepakati prioritas pembangunan daerah, juga menyepakati program, kegiatan, dan sub kegiatan.

“Kita juga ingin menyelaraskan program pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi, dan mengklarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil kecamatan,” ucapnya.

Untuk diketahui, RKPD tahun 2021 ini dilaksanakan selama dua hari. Mulai dari tanggal 16 Maret sampai 17 Maret 2020. Untuk agenda kedua , rencananya akan dilaksanakan di Ruang Rapat Bappedalitbang Kabupaten Bogor dengan pembahasan yaitu Desk untuk menyepakati lima tujuan pelaksanaan dengan membagi tiga lingkup kelompok. (Andi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here