Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaBanyak Klub Terancam Bangkrut, Kalau Bundesliga Tidak Lanjut

Banyak Klub Terancam Bangkrut, Kalau Bundesliga Tidak Lanjut

BOGORDAILY – Liga Jerman direncanakan kembali bergulir pada awal Mei usai diliburkan karena pandemi COVID-19. Hal ini memunculkan kelegaan, sebab banyak klub yang terancam masa depannya jika kompetisi dihentikan.

Deutsche Fussball Liga (DFL) selaku operator mengisyaratkan bahwa akan dimulai lagi pada 9 Mei. Kepastian itu hanya tinggal menunggu persetujuan pejabat pemerintah yang berwenang.

Langkah ini memang memunculkan banyak perdebatan. Sekalipun akan bermain tanpa penonton, namun para suporter dikhawatirkan akan tetap datang dan berada di luar stadion.

Belum lagi dengan tes virus Corona yang harus dijalani secara rutin oleh seluruh pemain dan staf pelatih klub agar bisa diperbolehkan bertanding. Meski begitu, klub-klub ingin agar liga yang tersisa 9 pekan itu bisa dituntaskan.

Sebab, mereka berharap bisa mendapatkan pemasukan dari hak siar pertandingan. Jika gagal diperoleh, besar kemungkinan finansial klub-klub itu akan terguncang, bahkan terancam bangkrut.

“Saat ini, sepakbola Jerman yang terbaik. Karena kami siap kembali bermain pada 9 Mei jika mendapat izin dari para politisi,” kata eks pemain Timnas Jerman dan Borussia Dortmund, Steffen Freund, kepada BBC Radio 5 Live.

“Memang, dengan virus Corona ini masih ada beberapa masalah, salah satunya mengetes para pemain sebelum dan sesudah laga.”

“Tapi jika tidak dimulai dalam 2-3 bulan ke depan, banyak klub dari dan 2 akan bangkrut dan kami tak akan punya jumlah tim yang cukup untuk berkompetisi musim depan.”

“Jadi saya amat positif sejauh ini. Jika bukan tanggal 9 Mei, saya pikir paling tidak Liga Jerman akan dimulai akhir Mei, tentu dengan kondisi tanpa penonton,” sambung pria 50 tahun itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here