Friday, 19 April 2024
HomeBeritaBuruan Daftar.. Kelas Online ISO Alfa Solusindo Sistem. Cek di Sini!!

Buruan Daftar.. Kelas Online ISO Alfa Solusindo Sistem. Cek di Sini!!

BOGORDAILY.net – Produk berkualitas dibentuk berdasarkan kaidah atau aturan baku yang tersistem dalam standar yang disahkan secara global yang kita kenal dengan ISO (International Standar Organization).

Alfa Solusindo Sistem melaksanakan Kelas Online ISO 22000:2018 tentang Food Safety Management Sistem (FSMS) selama tiga hari pada tanggal 6-8 April 2020.

Seminar online ISO 22000 ini disampaikan oleh Nanang Nurhayudi, CLA sebagai trainer atau konsultan ISO yang telah 6 tahun lebih berpengalaman mengembangkan sistem managemen ISO kepada banyak perusahaan lain.

Kelas Online dibagi menjadi tiga hari dalam pembahasan atau materi yang berbeda yaitu di hari pertama tanggal 6 April 2020 membahas mengenai Perkenalan dan Basic Keilmuan Food Safety Managemen Sistem ISO 22000 selama dua jam dari pukul 13.00-15.00 WIB.

Dan tanggal 7 April 2020 pembahasan dilanjutkan mengenai Standar Food Safety dan HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point). Kemudian pada hari ketiga tanggal 8 April 2020 diakhiri dengan pembahasan Review dan Implementasi ISO 22000 Food Safety Managemen Sistem yang akan diterapkan oleh para pengusaha yang terlibat dalam Kelas Online ini.

Kelas Online Food Safety Managemen ini melibatkan peserta dari berbagai kalangan pengusaha baik pengusaha kecil maupun menengah serta Ibu Rumah Tangga yang turut berpartisipasi dalam membangun proses pangan berkualitas yang akan diterapkan dalam keluarganya secara mandiri.

ISO 22000 menekankan produk pangan baik makanan dan minuman dapat diproduksi dengan baik dan higiens dimulai dari proses produksi hingga pendistribusian kepada konsumen sesuai alur dalam tahapan proses yang mengacu pada GMP (Good Manafacturing Practices) dan tersusun dalam menata tata ruang pengelolaan.

Dalam menunjang GMP terdapat rangkaian tahapan yang dimulai dari Product Safety sebagai awal proses circle (rantai proses produk) untuk mengetahui sudah sejauh mana tahapan produk agar tidak dapat terkontaminasi oleh elemen diluar ketentuan pembuatan produk.

Food Savety Managemen System (FSMS) mengakomodir seluruh standard produk makanan yang berkualitas, higien, dan bersih yang saling berintegrasi (Supply chain integration).

Sistem ini menolong organisasi atau para pengusaha makanan dalam mengelola proses serta melakukan pencegahan terhadap bahaya keamanan pangan. Menjaga seluruh rangkaian yang terintegrasi sesuai berdasarkan kepatuhan dari literasi dan peraturan-peraturan yang ada (Compliance with food standars).

Kelas Online FSMS mendapat antusias dari para peserta yang diikuti oleh berbagai kalangan dan pelaku pengusaha UMKM Depok dan Ibu Rumah Tangga di Depok.

Seperti Rudi Ariyanto seorang penjual ayam potong di Pasar Kemiri, Depok yang menanggapi bahwa Kelas Online ini sangat bermanfaat bagi usahanya dalam memberikan produk bermutu melalui sistem managemen pangan dengan rantai makanan yang saling berintegrasi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here