Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaDKP bagikan Beras untuk Empat Kecamatan Terdampak Longsor Sukajaya

DKP bagikan Beras untuk Empat Kecamatan Terdampak Longsor Sukajaya

BOGOR DAILY-Setelah lama menunggu, akhirnya dari Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) sebagai upaya menanggulangi kerawanan pangan pascabencana mendarat di Kabupaten Bogor. Total ada sekitar 101.904 kilogram beras untuk 16.984 jiwa dari 4.779 Kepala Keluarga (KK) di 26 desa, empat kecamatan Kabupaten Bogor yang terkena bencana awal tahun ini.

Dinas Ketahanan Pangan () Kabupaten Bogor membagikan bantuan dari Pemprov Jabar kepada para pengungsi dan korban bencana di Kecamatan Sukajaya, Jasinga, Cigudeg dan Nanggung yang dibagikan secara bertahap hingga 22 April.

”Setelah menerima dari Jabar, hari ini (7/4) kita mendistri­busikan ini ke- 6 desa di Kecamatan Sukajaya dulu. Sisanya bertahap sampai 22 April. Hari ini kita distribu­sikan 9.150 kilogram beras untuk Desa Cisarua, Sukajaya, Sipayung, Sukamulih, Harkat­jaya dan Urug,” terang Kepala Bidang Distribusi dan Ca­dangan Pangan pada Kabupaten Bogor, Jona Sijabat, Selasa (7/4).

Bantuan yang diberikan, sambung dia, hanya berupa beras karena masuk CPPD untuk menang­gulangi kerawanan pangan pascabencana. Plus, momen datangnya bantuan disebut pas lantaran tengah dalam kondisi siaga darurat ben­cana Covid-19 di Kabupaten Bogor.

Jona menambahkan, ban­tuan beras yang diberikan dengan besaran 0,3 kilogram per jiwa per hari sesuai kepu­tusan Peraturan Gubernur Nomor 37 Tahun 2017 Pasal 12 dan sesuai Peraturan Bu­pati Bogor Nomor 23 Tahun 2016 juncto Peraturan Bu­pati Bogor Nomor 48 Tahun 2018 Pasal 4.

”Bantuan ini sesuai penda­taan dari wilayah desa dan kecamatan serta sudah diva­lidasi. Jumlahnya untuk 20 hari sesuai kesepakatan. To­tal jadi 101 ton lebih. Distri­businya bertahap, tapi ber­pusat di kecamatan. Silakan kewilayahan untuk teknis pembagiannya,” ujar mantan Kabid Perdagangan pada Dis­dagin Kabupaten Bogor itu.

Setelah ini, menurut dia, bantuan akan didistribusikan bertahap mulai Rabu (8/4) ke Kecamatan Sukajaya, lalu ke Jasinga, Nanggung dan terakhir di Cigudeg, Rabu (22/4). ”Kita serahkan pada kewi­layahan untuk teknis distri­busi ke warganya,” pungkas­nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here