Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaHari Pertama PSBB di Kabupaten Bogor, Warga Banyak Tak Tahu

Hari Pertama PSBB di Kabupaten Bogor, Warga Banyak Tak Tahu

BOGOR DAILY – Hari pertama pemberlakuan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor nampaknya masih belum efektif. Hal itupun terlihat masih banyaknya kendaraan roda dua maupun empat dan angkutan umum dari arah Depok keluar masuk Kabupaten Bogor.

Pantauan Bogordaily.net, dari pukul 8:00 sampai 10:30 WIB masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa itu PSBB yang memang diterapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk lima daerah, yaitu Kabupaten/Kota Bogor, Kabupaten/Kota Bekasi dan Depok (Bodebek).

Banyak juga masyarakat yang masih melakukan boncengan di satu kendaraan roda dua walaupun bukan satu keluarga melainkan teman, dan masih ada penumpang angkutan kota (Angkot) yang duduk di depan. Padahal, melarang di pemberlakuan PSBB ini untuk boncengan jika bukan satu keluarga dan melarang penumpang duduk didepan di semua angkutan umum.

Tidak hanya itu saja, masyarakat juga masih banyak yang tidak memakai masker. Walaupun, penggunaan masker baik yang sakit maupun tidak untuk seluruh warga Indonesia diwajibkan menggunakan masker di tengah pandemi Virus Korona atau Covid-19.

Salah seorang warga Depok, Ajril (20), mengatakan, dirinya secara penuh belum mengetahui apa itu PSBB. Karena, menurut Mahasiswa Universitas Pakuan ini. seharusnya memberikan sosialisasi secara matang kepada masyarakat.

“Harus sosialisasi secara menyeluruh dulu, biar masyarakat paham, kalau seperti ini mah sama aja gak bakalan efektif, liat aja masih banyak yang gak menggunakan masker, kalau menurut saya sih sayang anggaran gak efektif soalnya,” singkatnya, kepada Bogordaily.net, ketika ditemui di Fly Over Cibinong, Rabu (15/4/2020).

Untuk diketahui, melakukan pemantauan di 53 titik dalam penerapan PSBB tersebut yang akan berlangsung selama 14 hari kedepan. Untuk 53 titik di Kabupaten Bogor itu diantaranya :

1. Perbatasan Tangerang Selatan untuk Polsek Gunung Sindur disepanjang Jalan Raya (Puspitek) dan Jalan Raya Jengkol.

2. Pengecekan point perbatasan Karawang yaitu Cariu yang dilaksanakan Polsek Cariu.

3. Cek point perbatasan Kabupaten Cianjur yaitu, Jalan Raya Cariu, Jalan Raya Puncak Ciherang Sukamakmur, Rindu Alam Cisarua.

4. Perbatasan di Kabupaten Sukabumi yaitu di Jalan Raya Sukabumi Cigombong.

5. Perbatasan Kabupaten Lebak yaitu di Jalan Raya Jasinga dan Lebak.

Sementara untuk pengetatan cek point Zona Merah menyesuaikan situasi zona.

1. Untuk Kecamatan Parung Panjang yaitu, Jalan Raya Parung Panjang perbatasan Tangsel, SMA Parung Panjang batas Jasinga dan Cigudeg, dan Jalan Raya Dago perbatasan Rumpin.

2. Untuk Kecamatan Ciseeng yaitu, Jalan Raya Ciseeng batas Gunung Sindur, Jalan Raya Pasar Ciseeng batas Kecamatan Parung, Jalan Raya Cibeuteung batas Kemang, Jalan Raya H. Miing batas Rancabungur, dan Jalan Raya Prada Samiawi batas Rumpin.

3. Untuk Kecamatan Jonggol yaitu, Jalan Raya Jonggol batas Bekasi, Jalan Raya Jonggol batas Cileungsi, Jalan Raya Dayeuh, dan Jalan Raya Cipamingkis.

4. Untuk Kecamatan Kemang, yaitu Jalan Raya ATS Semplak, Jalan Raya Salabenda Jakarta Bogor, dan Jalan Raya Jampang Kemang.

5. Untuk Kecamatan Ciampea yaitu, Jalan Raya Cagak, Jalan Raya Leuwiliang Bogor, Jalan Raya Cikampak sampai Warung Borong, dan Jalan Raya Cibadak Ciampea.

6. Untuk Kecamatan Cibinong yaitu, Fly Over Cibinong, Jembatan Angganda Jalan Raya Mayor Oking, Jalan Raya Tegar Beriman PDAM dan jalan Raya Ciriung Tapos.

7. Untuk Kecamatan Ciomas yaitu, Jalan Raya Letjen Ibrahim Adji, Green Hils Ciomas, Jalan Raya Kapten Yusuf, Jalan Raden Kosasih, Jalan Raya Ciomas Raya, dan Jalan Bhayangkara.

8. Untuk Kecamatan Citeureup yaitu, Jalan Angganda, Jalan Sentul Citeureup, Jalan Sirkuit Sentul, Jalan Raya Tajur, dan Jalan Masjid Assalam.

9. Untuk Kecamatan Gunung Putri yaitu, Jalan Alternatif Cibubur, jalan Akses Tol Cimanggis, Jalan Masjid Assalam, Jalan Tlanjung Udik, Jalan Legenda Wisata, dan Jalan Gunung Putri.

10. Untuk Kecamatan Cileungsi yaitu, Jalan Raya Narogong Bekasi, Jalan Raya Setu Pasir Angin, Jalan Raya Transyogi alternatif Cibubur Cileungsi, Jalan Raya Cileungsi Jonggol Citra Indah, dan Jalan Tunggilis Bondol. (Andi).

 

 

Hari pertama PSBB Bogor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here