Friday, 29 March 2024
HomeBeritaMelihat Kelas On-line, Pelatihan ISO Food Safety, Alfa Solusindo System. Keren Abis!!

Melihat Kelas On-line, Pelatihan ISO Food Safety, Alfa Solusindo System. Keren Abis!!

BOGORDAILY.net – Kelas Online Food Safety Management System ISO 22000 yang digelar selama 3 hari dari tanggal 6-8 April 2020 telah berakhir.

Dimulai dari tanggal 6 April membahas tentang Food Safety Management System, lalu hari kedua, 7 April, membahas Standar Food Safety dan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point), kemudian di hari ketiga, 8 April 2020 disempurnakan dengan contoh Implementasi ISO 22000 terhadap usaha yang dijalankan para peserta.

Diikuti oleh berbagai kalangan dan pelaku usaha, baik UMKM maupun Ibu Rumah Tangga, melalui kelas online para peserta mampu memahami setiap langkah dalam proses usaha yang digeluti sesuai standar Food Safety Management System.

Terutama bagi Rudi Ariyanto, seorang penjual ayam potong di Depok berkomitmen menerapkan food safety management system dalam usahanya. Bagi Rudi, produk pangan yang ia jual perlu didasari dengan pemahaman managemen pangan sehingga menjamin produk menjadi berkualitas, aman dan sehat, Rudi menjamin ayam potong yang ia jual dapat mencapai kepuasan pelanggan bila memenuhi standar layak pangan yang telah ditetapkan dalam ISO 22000.

Pengelolaan produksi pangan dalam Good Manufacturing Practices (GMP) menyadarkan Rudi bahwa setiap proses tahapan (rantai proses produk) membuktikan produk akan aman hingga proses distribusinya.

Dimulai dari pembersihan dan sanitasi, upaya pencegahan dan pengendalian dari bahaya kontaminasi produk dengan bahan-bahan kimia atau mikrobiologi secara signifikan dalam batasan yang diterima (PRP;Pre Requisite Program) serta tiap pribadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus steril bekerja sesuai prosedur yang berlaku (Personal Higien) selama proses pembuatan produk berlangsung.

Bagi Rudi yang telah 5 tahun menjual ayam potong, keuntungan akan tercapai bila dilakukan penanganan resiko (risk assgaement) dengan menetapkan terlebih dahulu analisa SWOT (Strength, Weakness, Oportunity, Threats) untuk menentukan tiap proses beroperasi dengan baik dan saling berintegrasi sesuai segmen pasar yang dibutuhkan sekaligus meningkatkan profit agar produknya mampu bersaing dengan produk-produk lainnya.

Food Safety Management System ISO 22000 memberikan dampak bagi Rudi demi meningkatkan mutu dan layanan usaha ayam potong.

Ia menilai Kelas Online yang diadakan efektif dalam mengembangkan usahanya bukan saja memberikan wawasan tentang pengendalian kontaminasi silang yang menjadi resiko pangan.

Selain Kelas Online Food Safety Management System ISO 22000, akan mengadakan kembali kegiatan serupa dengan tema yang berbeda yakni “Kelas Online ISO 9001:2015 mengenai Quality System Management (QMS)” yang dilaksanakan pada tanggal 23 April 2020 nanti.
Informasi kegiatan lebih lanjut dapat dilihat di website www.asisaquality.com. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here