Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaPemkot Bogor Akan Gunakan Laboratorium IPB Untuk Covid-19

Pemkot Bogor Akan Gunakan Laboratorium IPB Untuk Covid-19

BOGORDAILY.net – Pemerintah Kota Bogor mengajukan kepada Institut Pertanian Bogor () melalui Surat Keputusan (SK), untuk penggunaan Laboratorium Collaborative Research Center dalam pengujian diagnostik Virus Korona atau Covid-19 di Kota Bogor.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim, mengatakan, bahwa laboratorium tersebut sangat dibutuhkan sebagai langkah strategis dalam upaya melakukan pengujian diagnostik spesimen Covid-19 oleh laboratorium. Sehingga menjamin adanya kesinambungan pemeriksaan screening specimen yang dilakukan dengan cepat.

“Diharapkan dapat membantu percepatan proses pengolahan sample specimen swab test yang selama ini masih harus dikirim ke Jakarta atau Bandung,” katanya dalam pres rilis yang diterima Bogordaily.net, Jumat (10/4/2020).

Hal senda juga diutarakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno. Bahwa, dengan pengoperasian laboratorium tersebut bisa mempercepat mengetahui hasil tes yang selama ini diuji ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan milik Kementerian Kesehatan, Laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTLK-PP) Jakarta atau pun ke Laboratorium Kesehatan Daerah Jawa Barat di Bandung.

“Laboratorium sudah siap beroperasi. Rencananya Senin mulai dioperasikan. Itu akan mempercepat hasil yang selama ini ke Litbangkes, BTLK kemudian ke Labkesda Jabar, itu hasilnya begitu lama karena mereka juga overload. Yang harusnya 3 hari, kenyataannya sekarang dua minggu pun kami belum terima hasil. Itu juga akan memperlama atau menyulitkan diagnosis.Dengan adanya SK Walikota dan kerjasama penunjukan Laboratorium ini akan mempercepat hasil screening,” jelas Retno yang baru dilantik menjadi Kadinkes Kota Bogor itu.

Ia menambahkan, Laboratorium yang terletak di Jalan Taman Kencana, Babakan, Bogor Tengah itu nantinya akan menerima hasil spesimen tes swab dari seluruh rumah sakit yang ada di Kota Bogor.

“Sementara ini karena SK-nya dari Walikota Bogor, jadi yang akan dilakukan uji diagnostik adalah spesimen kiriman rumah sakit yang ada di Kota Bogor. Senin besok Insya Allah kita sudah mulai mengirimkan ke Lab . Mudah-mudahan kerjasama dengan ini bisa mempercepat hasil pemeriksaan swab, yang selama ini menjadi kendala kita,” tukasnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here