Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaUstadz Rosyid Aziz, Guru Besar Property Syariah Indonesia

Ustadz Rosyid Aziz, Guru Besar Property Syariah Indonesia

BOGORDAILY.net – Konsisten dan luar biasa, itulah kalimat yang pantas disematkan kepada sosok pria yang akrab di sapa dengan sapaan Ustadz Rosyid itu. Berpegang teguh untuk terus memberikan edukasi-edukasi perihal konsep bisnis Property Syariah yang Real tanpa Bank dan menggerus praktek-praktek ribawi dalam jual beli unit lahan kavling dan rumah mengukir namanya sebagai guru besar Property Syariah di Indonesia dan Pendiri dari komunitas Developer Property Syariah atau DPS.

Saat ini DPS memiliki 500 lebih project Property Syariah yang ada dari Sabang sampai Merauke dan lebih dari 2.000 member anggotanya di seluruh Indonesia. Dibawah arahan, ilmu dan edukasi dari Ustadz Rosyid, semua penerapan aspek ilmu management Property Syariah yang baik dan benar dapat terus berjalan serta membuat mulus perjalanan project sampai serah terima kepada para konsumen.

Berikut petikan wawancara Eksklusif Bogor Daily dengan Ustadz Rosyid Aziz, Guru Besar Property Syariah di Indonesia dan Pendiri Komunitas Developer Property Syariah atau DPS :

*1. Apa yang membuat Anda tidak lelah dalam berjuang di ranah bisnis Property Syariah ???…*
Jawaban :
√ Tujuan akhir kita sebagai seorang muslim adalah akhirat, konsep bisnis Property Syariah mengacu kepada konsep pahala yang akan terus mengalir. Visioner untuk gapai kesuksesan yang hakiki di dunia dan kesuksesan di akhirat. Apabila ada seseorang yang hijrah meninggalkan sesuatu karena Allah, maka peran serta kita yang mengajaknya kepada jalan kebaikan tersebutlah yang menimbulkan pahala yang terus menerus mengalir. Developer Property Syariah menciptakan kawasan yang didalamnya ada masjid, musholla, kajian kegiatan agama yang berjalan. Kegiatan ketakwaan itulah modal keberkahan kita dunia dan akhirat, In Syaa Allah.

*2. Masyarakat Indonesia sudah lama mengenal sistem pembelian rumah melalui fasilitas dari per-bank-kan yang ada, apa yang membedakan konsep Property Syariah ini sesungguhnya ???…*
Jawaban :
√ Hal pembeda yang utama adalah konsep kepemilikan yang ditawarkan konsep Property Syariah. Indonesia merupakan negara yang mayoritas 85 persen penduduknya beragama Islam, cuma masih sangat di sayangkan, banyak masyarakat muslim Indonesia yang masih membeli rumah dengan melanggar dan menabrak syariat agama dengan ada nya praktek ribawi dalam kepemilikannya. Dengan konsep yang diusung oleh Property Syariah akan memberikan sesuatu yang berbeda dan menjadi pembeda. Berkah kepada pembeli dengan proses tanpa praktek ribawi dan berkah selamat untuk pengusaha atau developernya itu sendiri dengan menikmati harta yang halal tanpa riba. Sesungguhnya Property Syariah itu menguatkan Fitroh Manusia, memuaskan akal dan menentramkan hati.

*3. Sejak kapan dan apa yang menjadikan anda terjun ke bisnis Property Syariah ???…*
Jawaban :
√ Sebenarnya dakwah kepada pengusaha-pengusaha muslim sudah dilakukan sejak periode tahun 2005 sampai 2011 lalu. Konsep bisnis Property Syariah disusun sejak tahun 2012, walau lebih umum sejak tahun 90an semasa pendidikan di pesantren, saya sudah mengenal konsep bisnis Syariah. Pada tahun 2012 itulah konsep bisnis Property Syariah pertama kali saya jalankan sendiri dan menghasilkan kesuksesan. Pada tahun 2013 baru saya coba berikan konsep bisnis Property Syariah ini kepada umum. Sampai dengan tahun 2020 ini sudah tujuh tahun saya bersama keluarga besar pejuang di DPS memberikan edukasi melalui camp Property Syariah, kelas-kelas mentoring dan kegiatan lainnya. Genap sudah tujuh tahun dengan capaian yang dahsyat.

*4. Bagaimana Anda membentuk dan membuat kokoh Komunitas Developer Property Syariah atau DPS ???…*
Jawaban :
√ Ada tiga dorongan yang diberikan, tiga dorongan ini sebenarnya adalah hal-hal yang kita perjuangkan dalam hidup kita,

Pertama
Dorongan Materi ( Al-Quwwah Al-Madiyyah), yaitu dorongan memotivasi manusia melalui harta, profit, materi, bonus, atau apapun yang membawa kebahagian. Dorongan ini sangat ampuh apabila capaian dari target dapat kita penuhi.

Kedua
Dorongan Emosi ( Al-Quwwah Al-Ma'nawiyah ), yaitu dorongan yang lebih efektif dari dorongan materi, dorongan emosi, mengangkat kebanggaan, bergengsi dan prestige. Alasan untuk terus berubah dan bertindak. Stigma yang tercipta bahwa bisnis Property itu Keren.

Ketiga
Dorongan Spiritual ( Al-Quwwah Ar-Ruhiyyah ), yaitu dorongan untuk mendapatkan pahala. Motivasi ini lebih kuat bertahan lama dan bersifat jangka panjang. Orang yang membeli Property Syariah akan mengalirkan pahala untuk developernya dengan aktifitas ketakwaan yang dilakukan di project-project yang kita ciptakan.

Tingkatan motivasi permanen untuk semua keluarga besar Developer Property Syariah atau DPS.

*5. Apa yang harus dilakukan ketika kita berniat untuk membuat project Property Syariah ???…*
Jawaban :
√ Ada tiga hal yang perlu sangat diperhatikan, diantaranya

Pertama
Lengkapi ilmu yang cukup, karena langsung nyemplung saja dengan berbekal hanya semangat saja sangatlah berbahaya.

Kedua
Belajar Teknis Management, termasuk cara-cara yang biasa dilakukan di berbagai Project Property Syariah mulai dari proses akuisisi lahan, pengurusan izin, teknis selling marketing sampai teknis serah terima atau hand over unit.

Ketiga
Pengendalian Diri Developer, sebagai Pengusaha atau Developer yang membuka dan membuat project Property Syariah haruslah kuat mengendalikan dirinya sendiri. Biasanya banyak yang tidak sadar akan hal ini, pada akhirnya project menjadi berantakan dan merugikan nama baik Property Syariah itu sendiri.

Pada intinya Syariah bukan hanya sekedar label dan penglaris dagangan saja, tapi secara aktual penerapan kadar-kadar Syariah lah yang perlu kita jaga bersama. Maka untuk itu Islam mengajarkan berkolaborasi, bersinergi dan berkelompok. Berjamaah akan lebih kuat, untuk itu DPS hadir menjadi solusi dan perahu besar kita semua dalam menjalankan konsep bisnis Property Syariah.

*6. Hal apa yang paling membuat Anda Bahagia ketika menjalankan konsep Bisnis Property Syariah ???…*
Jawaban :
√ Ada di momen-momen tertentu, yang paling bahagia adalah melihat dengan mata kepala sendiri, mereka yang akhirnya memutuskan untuk Hijrah ke bisnis Property Syariah yang Real ini. Rata-rata mereka sebelumnya berprofesi sebagai pegawai ataupun pengusaha yang diselimuti praktek ribawi. Sampai suatu saat mereka menangis bertobat dengan meninggalkan riba dan masuk dalam dunia bisnis Property Syariah. Mengantarkan orang berhijrah dengan peran serta kita, maka menurut Islam itu Lebih Baik Dari Dunia dan Isinya.

*7. Sukses itu tentunya Tidak Sendiri. Sejauh apa peran Keluarga dalam perjuangan Anda di bisnis Property Syariah ???…*
Jawaban :
√ Mereka adalah yang Utama. Dorongan Support, Ridho dan Doa dari keluarga adalah segalanya. Tanpa mereka saya tidak mungkin ada dan sampai di titik ini. Dengan situasi wabah corona virus saat ini, membuat saya jauh lebih banyak waktu untuk mereka. Biasanya dalam satu bulan, keluarga hanya mendapatkan waktu beberapa hari saja bersama saya, dikarenakan padatnya jadwal perjuangan untuk Ummat melalui bisnis Property Syariah.

*8. Harapan apa yang anda miliki untuk konsep bisnis Property Syariah kedepan ???…*
Jawaban :
√ Atas izin Allah Ta'ala, konsep bisnis Property Syariah kelak akan menjadi Pemenang. Mau tidak mau, konsep ini lah yang akan dipakai kita semua pada fase ke lima akhir jaman, itulah janji dari Allah yang Pasti Terjadi dan menjadi visi besar yang saat ini dijalankan oleh DPS. Sistem ekonomi kapitalisme yang saat ini sedang berjalan akan musnah. Property Syariah akan menjadi trend, spirit hijrah akan berkembang. Masuk dalam perjuangan Syariah.

“Bila kalian yakin, jalan yang dilalui ini adalah jalan kebenaran. Jika kalian yakin, jalan yang dilalui ini adalah jalan kebaikan. Maka berlarilah sekuat tenaga, jangan sesekali kalian berdiam apalagi berbalik arah.” pungkas Ustadz Rosyid Aziz, mengambil perkataan dari Imam Syafi'i.

=============================

BIODATA

Nama : Rosyid Aziz Muhammad

TTL : Rembang, 29 Nopember 1977

Tempat Tinggal : Vila Indah Pajajaran (VIP), Kota Bogor

Pendidikan :
1. Sarjana IPB Bogor
2. Ma'had Al Azhar, Bogor
3. Madrasah Sholatiyah, Lasem, Jateng
4. Dinar Coach International, Jakarta
5. Panangian School of Property, Jakarta

Keluarga :
1 istri, 6 anak

Pengalaman Organisasi :
1. Organisasi Santri Ma'had Al Azhar
2. Badan Kerohanian Islam Mahasiswa, LDK IPB Bogor
3. Senat Mahasiswa (SM) IPB Bogor
4. Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FPIK IPB Bogor
5. MT Al Marjan, FPIK IPB Bogor
6. Ketua Umum Pengurus Pusat Komunitas Pengusaha Rindu Syariah (PRS)
7. Wakil Ketua Saudagar Muslim Nusantara (SMN)
8. Founder Komunitas Developer Property Syariah (DPS)
9. Ketua Dewan Pembina Asosiasi Developer (ADPS)

Pengalaman Bisnis :
1. Pernah menjalani 40 jenis bisnis yang berbeda
2. Direktur Penerbit Media Al Azhar Press Group
3. Direktur Lembaga Pengkajian Pengembangan Ummat (LPPU) Assalam
4. Pimred Majalah Remaja Permata, Majalah Sobat Muda dan Majalah Pengusaha Moslempreneur
5. Komisaris PT Cilap Darmajaya Propertindo, Jakarta
6. Komisaris PT Citra Mahakarya Propertindo, Tangerang
7. Komisaris Kampung Tahfidz Cicalengka, Bandung
8. CEO Developer Property Syariah
9. Mengembangkan ratusan projek Property Syariah Tanpa Bank di 100 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Motto :
Lahir miskin itu takdir, mati miskin itu pilihan.

Misi Bisnis :
Membumikan Skema Syariah dalam Bisnis dan Meratakannya ke Seluruh Penjuru Nusantara.

(Red-BDN).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here