Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaDi Tengah Pandemi Covid-19, Hj. Endang Tohari Ingatkan Padat Karya Itu, Penting

Di Tengah Pandemi Covid-19, Hj. Endang Tohari Ingatkan Padat Karya Itu, Penting

BOGORDAILY – Ditengah prahara pandemic Corona Virus Disease 2019 atau acap disebut Covid-19, yang melanda Tanah Air, bahkan masih belum diketahui betul kapan bakal berakhir. Kendati begitu, salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Komisi IV Fraksi Partai Gerindra DR. Ir. Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS., M.Sc terlihat  mengunjungi masyarakat yang terdampak pandemic covid-19. Ya, kunjungannya untuk silahturahmi dan mendengarkan aspirasi masyarakat, sekaligus memberikan bantuan sosial kepada masyarakat untuk wilayah Jawa Barat III (Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur).

Nah, pada kegiatan kunjungan kerja perorangan itulah, wanita peraih S-3 Doktoral asal Universitas Montpellier I Perancis itu, sering menyempatkan waktunya untuk berinteraksi bersama masyarakat. Sekaligus mendengarkan aspirasi secara langsung. Tanpa bosan, Hj. Endang pun kerap mengingatkan masyarakat yang ditemuinya, agar mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang dirilis pemerintah juga WHO, tentunya.

“Saya tak akan bosan mengingatkan mereka (red; masyarakat) supaya mematuhi anjuran pemerintah dengan menggunakan masker, jaga jarak, dan selalu cuci tangan. Untuk membatasi kerumunan, pun saya berinisiatif agar para Tenaga Ahli dan Tim Dapil Jabar III (Kota Bogor dan Kab.Cianjur) saya ini, langsung mengantarkan ke rumah masyarakat yang membutuhkan lebih dari 3.000 paket bantuan sosial berupa, sembako, masker, handsanitizer, nasi kotak, sarung, mukena,” kata Hj. Endang kepada wartawan, Jum’at, (15/05/20) siang tadi.

Tim dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Komisi IV Fraksi Partai Gerindra DR. Ir. Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS., M.Sc terlihat menyerahkan bantuan, Jumat (15/5/20).

Hj. Endang juga menyampaikan, dalam menghadapi pandemi Covid-19 Fraksi Partai Gerindra di DPR RI  memprioritaskan program bantuan pangan dan bantuan sarana produksi pertanian kepada petani sekaligus padat karya untuk mengantisipasi dampak lanjutan Covid-19 terhadap sektor ekonomi Indonesia untuk memperjuangkan kedaulatan pangan, energi dan air sesuai dengan visi misi Partai Gerindra.

Yang menarik, mantan Kepala Pusat Pembiayaan Pertanian Kementerian Pertainan itu juga mengatakan, saya sebagai Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Gerindra ini juga meminta Kementerian Pertanian agar fokus pada upaya memulihkan kegiatan prioritas yang relevan terkait situasi krisis seperti saat ini.

“Saya tekankan, supaya bantuan alat mesin pertanian prapanen dan pascapanen bagi petani menjadi perioritas, misal unit pengolah pupuk organik (uppo), pengembangan kawasan padi dan jagung, pengembangan perbenihan (perkebunan dan hortikultura). Jangan lupa, pengembangan sayuran organik keluarga di pekarangan pangan lestari dan pengembangan ternak ruminansia kecil dan besar. mengingat situasi PSBB dan sisa efektif waktu yang ada,” katanya.

Tim dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Komisi IV Fraksi Partai Gerindra DR. Ir. Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS., M.Sc terlihat menyerahkan bantuan, Jumat (15/5/20).

Hj. Endang memberikan catatan, supaya pemerintah mengintegrasikan program yang bersifat padat karya itu agar pendistribusiannya atau pembagian bantuan pangan, bantuan benih, bantuan alat dan mesin, bantuan padat karya, serta bantuan lainnya dilakukan secara adil merata, transparan juga akuntabel, tentunya.

“Yang lebih penting yaitu semua bantuan apapun dapat menjangkau petani di berbagai pelosok daerah. Bukan hanya petani yang ada di Kota Bogor maupun Kab.Cianjur saja. Ya, tentunya saja, hal itu sesuai prosedur dan aturan yang berlaku,” pungkas  Hj. Endang. (*/bdn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here