Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaIbu Kota Mulai Ramai, Ganjil-Genap Belum Dipakai

Ibu Kota Mulai Ramai, Ganjil-Genap Belum Dipakai

BOGORDAILY – Volume kendaraan di Ibu Kota terus meningkat di tengah penerapan pembatasan sosial berskala besar (). Meski lalu lintas padat, sistem rekayasa lalu lintas ganjil-genap belum perlu diberlakukan di DKI Jakarta.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar menjelaskan rekayasa lalu lintas ganjil-genap tersebut bisa diterapkan secara situasional jika volume kendaraan di Jakarta terus meningkat.

“Kalau gage (ganjil-genap) ini kan nasional, kalau kami bilang sesuai , takutnya sebelum berakhir ada peningkatan volume yang akibatkan peningkatan kemacetan yang panjang, jadi ganjil-genap sifatnya situasional,” kata Fahri saat dihubungi, Kamis (28/5/2020).

Fahri menyebut untuk saat ini rekayasa ganjil-genap belum perlu diberlakukan berdasarkan situasi kondisi kepadatan volume kendaraan di DKI Jakarta.

Dia menyebut ada rekayasa lainnya yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan.

“Beberapa minggu ini mulai ada peningkatan volume kendaraan, tapi dari pantauan kami kemacetan yang terjadi masih kategorinya masih tidak terlalu timbulkan dampak kemacetan luar biasa,” ucapnya.

“Masih bisa dilakukan dengan upaya-upaya dengan buka tutup dan alih arus, jadi masih belum perlu ganjil-genap,” lanjut Fahri.

Meski demikian, Fahri menegaskan rekayasa ganjil-genap tidak menyesuaikan pemberlakuan di DKI Jakarta. Artinya, sebut dia, ganjil-genap bisa diberlakukan kapan pun mengikuti situasi.

“Nggak bisa ikutin , kalau ikutin itu tapi tiba-tiba minggu depan ada peningkatan volume maka menurut saya situasional,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya memperpanjang masa pemberlakuan hingga 4 Juni 2020.

Senada dengan pemberlakuan , kebijakan pembatasan kendaraan bermotor dengan metode ganjil-genap pun ditiadakan.
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya kembali memperpanjang peniadaan ganjil-genap di wilayah Jakarta.

Yang terakhir, Ditlantas Polda Metro Jaya mengumumkan peniadaan ganjil-genap sampai Jumat, 22 Mei 2020. Namun, Fahri menegaskan masa peniadaan ganjil-genap kembali diperpanjang sampai masa .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here