Kebutuhan Pangan di Tengah Pandemi, itu Penting

  • Whatsapp

BOGORDAILY – Pangan menjadi sektor utama di tengah pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini. Jangan lupa, bahkan Badan Pangan Dunia Food Agriculture Organization (FAO) pun sudah mengingatkan, bahwa dunia kini di ambang krisis pangan.

Oleh sebab itu, tak salah bila DR.Ir Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS., M.Sc, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra itu, acap kali mengingatkan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian juga masyarakat bahwa ketahanan pangan ditengah pandemic covid-19 ini, sangat penting. Terutama terkait dengan kesiapan produksi pangan hingga menyoal pendistribusiannya.

Read More

“Saya berharap betul agar para petani dan peternak disini dapat merealisasikan program-program pengelolaan sumber daya alam. Salah satunya yakni di bidang pertanian yang terkait pemenuhan kebutuhan pangan pada saat ini,” kata Hj. Endang kepada Bogordaily, Rabu,(28/5/2020)

Asal tau saja, dalam kegiatan menyerap aspirasi masyarakat sebagai salah satu program Reses para Anggota DPR RI. Pejuang politik dari Partai Gerindra asal Daerah Pemilihan (Dapil) III Jawa Barat (Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur) itu tak kunjung bosan mengingatkan serta mengajak para petani dan peternak di dapilnya agar lebih serius mengelola lahan-lahan pertanian dan peternakan yang mereka miliki dikelola dengan maksimal.

“Kemudian saya ingin juga memberikan dorongan motivasi, supaya para petani dan warga khusus nya Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur hidupnya bisa lebih sejahtera, tercukupi dan semua aspirasinya bisa tersampaikan dan dapat direalisasikan,” ujar Hj. Endang.

Menyoal program pertanian, politisi asal Gerindra itu, mengatakan bahwa program pertanian juga harus ada dan nyata dan dalam bentuk apa? Itu semestinya, disesuaikan dengan aspirasi. Jadi, kita harus mengetahui bagaimana teknik pengaplikasian pertanian yang tepat sekaligus memperhatikan iklim, ini penting. Kemudian keadaan tanahnya, apa yang cocok ditanam lalu lingkungan dan pemasarannya sesuai dengan potensi lokal.

“Nah, kita berikan edukasi pembekalan supaya menghasilkan hasil pertanian khususnya pangan yang baik. Sebetulnya, tidak perlu kita selalu mengkonsumsi daging dan ikan saja.
Jagung, pisang dan singkong, pun mengandung banyak vitamin yang diperlukan bagi kesehatan kita. Tapi, oleh karena tidak ada pembekalan pendidikan, mereka kurang mengetahui.” papar Hj. Endang.

Peraih gelar S-3 Doktorat Universitas Montpellier I Perancis itu menambahkan, saat ini, Fraksi Gerindra mempunyai tujuan bagaimana kita memperjuangkan kedaulatan pangan, energi dan air. Selain itu, kita juga ingin memberikan motivasi dan inovasi, kepada masyarakat agar lebih mengerti bahwa potensi lokal di Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur banyak sekali yang bisa digali untuk dimanfaatkan, tentunya.

“Jadi jangan mengucapkan kata, sudah cukup. Untuk mengetahui pemanfaatan sumber daya alam, khususnya di sektor pertanian yang lebih mengarah pada konsumsi di dalam negeri yang disesuaikan dengan potensi lokal.” ujar Pembina dan Dewan Pakar Partai Gerindra itu.

Ada yang menarik, salah satu warga yang bernama tati (45 th) di Desa Pasir Kuda mengungkapkan kebahagiaannya atas kunjungan Hj. Endang di kegiatan reses wakil rakyat pilihannya itu yang datang bersama tim tenaga ahli, sespri, tim dapil dan didampingi oleh struktur DPC Partai Gerindra dengan membagikan bantuan sosial berupa beras, sembako, masker, handsanitizer, dan lain-lainnya.

“Kami atas nama warga sini mengucapkan terimakasih, kepada Hj. Endang sebagai Anggota DPR RI dari Komisi IV yang ikut memperhatikan nasib warga masyarakat Kota Bogor dan mudah-mudahan aspirasi kami ini dapat tersampaikan, sekaligus bisa terwujud dan nyata secara berkesinambungan” ujar tati (45) dengan singkatnya sambil diamini warga lainnya.

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *