Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaWow, #Dirumahaja 40.896 Ibu Muda di Kabupaten Bogor Hamil

Wow, #Dirumahaja 40.896 Ibu Muda di Kabupaten Bogor Hamil

BOGOR DAILY – Di masa Pandemi Virus Korona atau Covid-19 ini, banyak yang memprediksi bahwa tingkat kehamilan di berbagai daerah Indonesia mengalami kenaikan, hal tersebut dikarenakan adanya program dari pemerintah yang mewajibkan karyawan dan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk kerja jarak jauh atau sering disebut Work From Home.

Seperti yang terjadi di Bumi Tegar Beriman. Dinas (Dinkes) Kabupaten Bogor menyampaikan bahwa saat ini ada 40.896 ibu muda hamil, pada Januari sampai April 2020.

Kepala Bidang (Kabid) Masyarakat Dinkes Kabupaten Bogor, dr. Dede Agung, menyebutkan, dari 40.896 ibu muda yang hamil itu rinciannya pada bulan Januari terdapat 11.121 , Februari 11.125 , Maret 10.442 dan April 8.208 .

“Pada bulan Januari memang tinggi dan bulan Februari mengalami kenaikan selisih empat , pada bulan Maret mengalami penurunan sampai bulan April,” katanya kepada Bogordaily.net, Kamis (28/5/2020) ketika ditemui di ruangan kerjanya.

Pihaknyapun belum bisa memastikan mengenai angka kehamilan di Kabupaten Bogor itu apakah akibat Pandemi Covid-19 atau bukan, karena pemerintah juga menganjurkan untuk berdiam dirumah dan menjaga social distancing atau physical distancing saat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan.

dr. Dede Agung mengungkapkan, hal itupun tentunya tidak menutup kemungkinan bahwa pasangan suami istri ketika berdiam di rumah pasti akan lebih sering melakukan hubungan yang semestinya (hubungan intim).

Akan tetapi jika dibandingkan kasus ibu muda yang hamil pada tahun 2019 lalu tercatat hampir sama kurvanya dengan tahun 2020. Dari mulai Januari ke Februari mengalami kenaikan, Februari ke Maret dan April mengalanmi penurunan.

“Ada selisih kurang lebih seratus dibandingkan tahun lalu, jadi bisa dikatakan tahun ini mengalami kenaikan tapi selisihnya sedikit, tapi itu juga belum bisa dikatakan akibat Pandemi Covid-19, hanya sekedar analisa saja,” jelasnya.

Pria yang mengenakan kaca mata ini menghimbau kepada ibu muda saat hamil, agar selalu menjaga dan pasokan gizi yang baik bagi anak didalam kandungannya.

“Karena dengan pasokan gizi yang baik tentunya bisa memperkuat bayi yang dikandungnya, dan menentukan proses perkembangan bayi yang dikandungnya syarat utama adalah ibu yang utama,” tutupnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here