Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten Bogor2 Wisatawan Jakarta Positif Covid-19, Pemkab Bogor: Tidak Mungkin Puncak Ditutup

2 Wisatawan Jakarta Positif Covid-19, Pemkab Bogor: Tidak Mungkin Puncak Ditutup

BOGOR DAILY – Adanya dua orang wisatawan asal Jakarta yang dinyatakan positif terinfeksi Virus Korona atau Covid-19, ditanggapi oleh Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Syarifah Sopiah.

Syarifah menyebutkan, adanya ke dua orang wisatawan asal Jakarta positif Covid-19 tentunya tidak ada dampaknya terhadap wisata di kawasan Puncak Bogor.

“Kita enggak mungkin nutup Puncak Bogor ya sebagai kawasan wisata, karena di sana ada ratusan hotel, restoran, objek wisata, jadi yang kita lakukan itu sosialisasi Billboard itu semua, kalau bisa isinya tentang Covid-19, terus kalau untuk di kawasan puncak itu setelah kita deteksi kemarin banyak reaktif juga,” katanya kepada wartawan, Kamis (25/6/2020).

Saat ini, kata Syarifah, belum membuka keseluruhan tempat wisata di kawasan Puncak. Bahkan Taman Safari Indonesia (TSI) juga masih dalam tahap konservasi

“Jadi masyarakat kemarin itu berliburnya di pinggir jalur Puncak seperti kebun teh, tempat parkir dan sebagainya. Jadi untuk ke depannya akan menjaga di tempat-tempat yang sudah dipetakan oleh Gugus Tugas yang tediri dari Polres, termasuk daerah-daerah kemarin juga,” ungkapnya.

Sambung Syarifah, jika memang para wisatawan yang ke Puncak Bogor berwisata ke hotel dijamin aman. Karena, telah melakukan pembinaan kepada hotel-hotel untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Tapi kalau hanya di pinggir jalan menikmati makanan, makan Indomie di Puncak, ngopi, ya cuman kepentingan itu aja jelas kita pulangkan. Artinya kalau misalnya kegiatannya enggak penting tapi disituasi saat ini masih banyak penularan. Jadi sejak adanya tes rapid kita harapkan menjadi gambaran kepada masyarakat, supaya mereka juga waspada, supaya tidak ke Puncak lagi dan ternyata di situ juga banyak calon-calon positif (reaktif),” tukasnya.

Sebelumnya, Kordinator Sub Divisi Penanganan Gugus Tugas Covid-19 Pemprov Jabar, Dedi Taufik membenarkan, bahwa ada dua orang wisatawan yang dinyatakan positif terinfeksi Virus Korona.

“Iya betul dua wisatawan positif Covid-19 dari hasil swab tes,” katanya kepada Bogordaily.net ketika dihubungi melalui telpon selulernya, Kamis (25/6/2020).

Menurutnya, ke dua wisatawan itu sempat di rapid tes kemudian reaktif Covid-19. Setelah dilakukan Swab hasilnya keluar positif terinfeksi Virus Korona.

“Sudah positif dua orang, asal Jakarta. Kita masih melakukan tracking kepada dua orang ini,” tukasnya. (Andi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here