Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorDr. Hj. Endang Setyawati Thohari Ajak Masyarakat Bogor Timur Konsumsi Ikan

Dr. Hj. Endang Setyawati Thohari Ajak Masyarakat Bogor Timur Konsumsi Ikan

BOGOR DAILY – Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, Dr. Hj. menilai, tingkat konsumsi masyarakat terhadap ikan masih rendah seperti di Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur.

Menurut Dr. Hj. Endang sapaannya, untuk sosialisasi akan pentingnya mengkonsumsi Ikan tentu harus digelorakan terus kepada masyarakat. Apalagi saat ini pemerintah membentuk program GemarIkan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Kita bekerjasama dengan KKP dan juga Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (Kementan), untuk menggencarkan sosialisasi ini. Kemarin ini kita sudah soaialisasi ke Kabupaten Cianjur, memang perlu ada trobosan yang lain seperti pembuatan makanan dari bahan ikan sendiri,” ujar Dr. Ir. Hj. , ketika ditemui di acara Safari GemarIkan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang dilaksanakan di Perumahan Baranangsiang Indah, BlokA2/No.3 RT 05/05, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor Kamis (18/6/2020).

Politisi dari Partai besutan Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto ini sangat menyayangkan, kepada masyarakat Indonesia khususnya Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, yang belum banyak tahu akan khasiat dari ikan itu sendiri.

“Sosialisasi yang utama itu harus kepada ibu-ibu rumah tangga, karena yang meramu menu sehari-hari untuk disajikan. Seperti bagaimana memberikan gizi dengan baik dan kandungan gizi dari ikan sendiri banyak, makanya saya sangat setuju langkah yang diambil oleh Ibu dr. Trisna Ningsih (Direktur bina mutu dan sertifikasi produk kelautan),” imbuhnya.

Masih kata Dr. Hj. Endang, pada kesempatan kali ini pihaknya bekerjasama dengan KKP dan BPPSDMP (Kementan) terus mengkampanyekan dan meningkatkan konsumsi ikan kepada masyarakat Kota Bogor, yang bertujuan untuk menaikkan kesehatan dan gizi masyarakat dalam rangka mendukung program prioritas penanganan stunting juga.

“Kita juga sudah buat UMKM baik di Kota Bogor maupun di Kabupaten Cianjur, hal ini juga merupakan bentuk agar para pelalu usaha mikro bisa menciptakan inovasi dalam membuat jenis makanan dari bahan ikan,” tukasnya.

Sementara itu, Direktur Bina Mutu dan Sertifikasi Produk Kelautan (KKP) dr. Trisna Ningsih mengatakan, atas kerjasama dengan Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, Dr. Hj. , tentunya agar masyarakat bisa lebih tahu secara mendalam khasiat dari ikan sendiri.

“Kita berharap masyarakat bisa dapat mengkonsumsi ikan, karena kandungan dari ikan sendiri banyak sekali seperti protein tinggi, tentunya bisa juga meningkatkan imunitas kita juga dimasa pandemi sekarang ini,” singkatnya.

Dalam acara Gemarikan itu, turut dihadiri Wali Kota Bogor, Bima Arya, Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (Kementan), Suhirmanto, kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bogor, Camat Bogor Timur, dan Lurah Katulampa serta pengurus DPC Gerindra Kota Bogor. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here