Monday, 29 April 2024
HomeBeritaHingga 11 Juni KAI Perpanjang Operasional Kereta Api Luar Biasa

Hingga 11 Juni KAI Perpanjang Operasional Kereta Api Luar Biasa

BOGORDAILY – PT Kereta Api Indonesia () memperpanjang operasi Kereta Api Luar Biasa (KLB) hingga 11 Juni mendatang. Penumpang yang ingin menaiki kereta tersebut harus melengkapi beberapa persyaratan kesehatan.

“Mulai 8 hingga 11 Juni, layanan KLB dapat digunakan seluruh masyarakat dengan melengkapi syarat-syarat tertentu,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Minggu (7/6/2020).

Perpanjangan KLB ini juga menyesuaikan dengan terbitnya Surat Edaran Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub No KA.202/B-291/DJKA/20 tanggal 5 Juni 2020 tentang Rekomendasi untuk Perpanjangan Masa Pengoperasian KLB serta habisnya masa berlaku Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 Nomor 5 Tahun 2020 pada 7 Juni 2020.

Calon penumpang yang ingin membeli tiket tetap diharuskan bebas dari COVID-19. Hal itu dengan menunjukkan hasil PCR test atau rapid test yang negatif dan masih berlaku.

“Khusus bagi calon penumpang yang akan menggunakan KLB dari dan menuju Provinsi DKI Jakarta, diharuskan memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) DKI Jakarta. Jika tidak memenuhi persyaratan tersebut, penumpang dilarang menggunakan KLB,” ujar Joni.

Joni menyebut perpanjangan operasi KLB ini merupakan bentuk komitmen KAI untuk tetap melayani mobilitas masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Dia menyebut layanan KLB terus dievaluasi secara berkala.

“Kami harap masyarakat dapat terbantu dengan adanya perjalanan KLB. Layanan KLB ini juga terus kami evaluasi pengoperasiannya,” jelas Joni.

KLB melayani 6 perjalanan dengan 3 rute, yaitu Gambir-Surabaya Pasarturi Lintas Selatan pp, Gambir-Surabaya Pasarturi Lintas Utara pp, dan Bandung-Surabaya Pasar Turi pp.

Perjalanan KLB dari arah Surabaya hanya akan beroperasi setiap tanggal ganjil, dan KLB dari arah Jakarta dan Bandung akan beroperasi setiap tanggal genap.

Dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19, kapasitas angkut hanya 50% tempat duduk dari kapasitas kereta. Serta membuat tanda batas antre dan marka pada tempat duduk di stasiun dan kereta untuk menerapkan physical distancing. Menyediakan alat pengukur suhu badan, ruang isolasi, pos kesehatan, hand sanitizer, wastafel portable di stasiun. Petugas rutin membersihkan fasilitas penumpang dengan disinfektan dan berbagai langkah pencegahan lainnya.

Diketahui KLB mulai beroperasi sejak 12 Mei lalu, hingga 7 Juni KAI telah melayani 3.835 penumpang. Rute yang paling diminati adalah Surabaya Pasarturi-Gambir dengan 500 penumpang dan Gambir-Surabaya Pasarturi dengan 419 penumpang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here