Tuesday, 14 May 2024
HomeKabupaten BogorIR Ditolak Jadi Tahanan Kota, Pengamat dan Praktisi Hukum Apresiasi Polres Bogor

IR Ditolak Jadi Tahanan Kota, Pengamat dan Praktisi Hukum Apresiasi Polres Bogor

BOGOR DAILY – Polres Bogor telah menolak secara tegas permohonan tahanan luar atau kota, kepada mantan Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bogor berinisial IR, yang tersandung kasus korupsi atau suap Pengesahan Dokumen Rencana Teknis (PDRT).

Hal itu diapresiasi oleh Pengamat dan praktisi hukum Bogor, Herdiyan Nuryadin kepada Bogordaily.net, Senin (22/6/2020).

“Memang harusnya pelaku atau tersangka extra ordinary crime apalagi yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) Tipikor, seperti tersangka IR ini tidak dikenakan tahanan kota, di karenakan tidak layak mendapatkan hak istimewa, kami apresiasi Polres Bogor,” ujarnya.

Langkah tepat itupun kata Herdiyan merupakan hal yang tepat. Karena tersangka kejahatan tindak pidan korupsi (Tipikor), bersama tersangka kejahatan peredaran narkotika dan tersangka kejahatan kekerasan terhadap perempuan dan anak, masuk kedalam kejahatan luar biasa (extra ordinary crime).

Masih kata Ketua DPC Peradi Cibinong ini, pihaknya juga meminta Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor agar mengambil langkah cepat serupa dengan Polres Bogor, yaitu menolak permohonan tahanan kota.

“Masa penahanan tersangka IR ini kan mau habis setelah ditahan pada 3 Maret lalu, juga kabarnya berkas perkaranya sudah mau lengkap atau berstatus P – 21 hinggga masa penahanannya akan dilimpahkan dari Polres Bogor, ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor hingga kami meminta korps adhyaksa untuk juga menolak tahanan kota para tersangka yang melakukan extra ordinary crime,” jelasnya.

Sebelumnya, berhembus kabar IR mantan Pemkab Bogor itu saat ini menjadi tahanan kota. Akan tetapi, hal tersebut dibantah oleh Kapolres Bogor, AKBP Roland Ronaldy.

“Saat ini masih proses, masih kita lanjutkan, gelar perkara kita lakukan, kalau mengenai tahanan kota itu tidak, pelaku masih di Polres Bogor saat ini, kabarnya juga baik,” katanya, Senin (8/6/2020) lalu. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here