Tuesday, 14 May 2024
HomeBeritaKomisi I Meminta TNI AU Cek Penyebab Jatuhnya Pesawat Tempur Hawk 200

Komisi I Meminta TNI AU Cek Penyebab Jatuhnya Pesawat Tempur Hawk 200

BOGORDAILY – Pesawat tempur jenis Hawk 200 dengan nomor registrasi TT 0209 H jatuh di Kampar, Riau. Komisi I DPR RI berduka mengetahui adanya pesawat tempur jatuh tersebut.

“Pagi ini berduka dan kaget mendapat informasi tersebut. Melihat dari kerusakan yang terjadi kami berharap jumlah korban jiwa minimal,” kata Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafidz kepada wartawan, Senin (15/6/2020).

Pesawat tempur jenis Hawk 200 jatuh saat sedang latihan. Meutya meminta mengecek penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

“Dan kepada agar dapat melakukan pengecekan penyebab dari jatuhnya pesawat Hawk 200 tersebut,” ujarnya.

Selain itu, Meutya berharap warga yang menjadi korban untuk meminta ganti rugi ke TNI, Sebab, pesawat tempur jenis Hawk 200 itu jatuh di permukiman warga.

“Karena pesawat jatuh di wilayah permukiman, perlu kepada masyarakat yang menjadi korban disiapkan ganti rugi oleh TNI,” imbuhnya.

Sebelumnya, pesawat tempur jatuh di Kampar, Riau, saat latihan. Pilot pesawat keluar dengan kursi lontar.

“Pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail. Pilot eject,” kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Marsma Fajar Adriyanto saat dimintai konfirmasi, Senin (15/6).

Fajar mengatakan pesawat tersebut jenis Hawk 200 dengan nomor registrasi TT 0209 H. Pesawat bertolak dari Lanud Rusmin Nuryadin, Pekanbaru, pukul 08.13 WIB.

Pilot dikabarkan selamat. Namun kondisi detailnya belum diketahui.

“Itu pesawat dari Lanud Pekanbaru, latihan biasa, normal,” ujarnya.

Pesawat tersebut jatuh tepat di tengah jalan di kawasan perumahan warga. Pukul 09.40 WIB, Senin (15/6), pesawat tersebut jatuh tepat di tengah Perum Sialang Indah, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kampar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here