Thursday, 25 July 2024
HomeKabupaten BogorNgeri, Tanggul Sungai Bocor Ratusan Rumah di Cibinong Dalam Bahaya

Ngeri, Tanggul Sungai Bocor Ratusan Rumah di Cibinong Dalam Bahaya

BOGOR DAILY – Ratusan rumah di kawasan Mandor, Kecamatan Cibinong, terancam diterjang banjir bandang, akibat tanggul sungai diatas lokasi tersebut mulai bocor.

Wakil Ketua Paguyuban Graha Selaras, Hendra Bowo mengatakan, tanggul tersebut merupakan pelindung dari Perumahan Graha Selaras yang berlokasi di kawasan Mandor Sanun, Kecanatan Cibinong.

“Sejak 9 Juni 2020 lalu, kebocoran tanggul sudah terlihat. Warga perumahan Graha Selaras langsung berkoordinasi dengan RT, RW, dan Kelurahan setempat,” katanya kepada wartawan dilokasi, Kamis (25/6/2020).

Menurutnya, sehari sudahnya pihak developer, yakni PT Kesuma Agung Selaras langsung meninjau lokasi bersama kepolisian setempat. Dari hasil survey itu menyatakan bahwa tanggul bukan kuasa mereka (Develover, Kelurahan dan Kecamatan).

“Tanggul berada di luar wilayah developer. Tanggung jawab dan perawatan tanggul juga di luar kuasa kelurahan dan kecamatan,” jelasnya.

Bowo sapaannya ini menjelaskan, hal tersebut sudah dilaporkan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) , dan diteruskan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) .

“BPBD juga meninjau langsung ke lokasi. Namun, sampai sekarang belum ada tindakan dari PUPR. Kami sudah melakukan rapat. Telah disusun RAB terkait perbaikan tanggul dan penguatannya. Kini, kami mengharapkan adanya tindak lanjut dari pihak-pihak yang berwenang,” tukasnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here