Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorProduk BBPKH Cinagara dan UMKM Binaan Dr. Hj. Endang Setyawati Thohari Turut...

Produk BBPKH Cinagara dan UMKM Binaan Dr. Hj. Endang Setyawati Thohari Turut Diperkenalkan Saat Safari Gemarikan

BOGOR DAILY – Beberapa sampel produk dari Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor, turut dipajangkan diacara Safari Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur Dr. Hj. , di Perumahan Baranangsiang Indah, BlokA2/No.3 RT 05/05, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur.

Sebanyak tiga sampel yang dipajangkan merupakan produksi dari BBPKH Cinagara Bogor yaitu, Yoghurt, telor puyuh, dan ayam.

Petugas Unit Produksi BBPKH Cinagara Bogor, Adi Rahman mengatakan, produk Yoghurt tersendiri baru tersedia untuk internal saja, dan belum bisa dipasarkan secara luas. Sama halnya juga dengan telur Puyuh dan Ayam.

“Yoghurt ini dibuat sendiri oleh BBPKH Cinagara Bogor, karena kita mempunyai ternak hewan Sapi sendiri, sama halnya dengan telur Puyuh dan Ayam juga kita punya ternak sendiri,” kata Adi, Kamis (18/6/2020).

Hal senada juga diutarakan Dokter Hewan (Drh) dari BBPKH Cinagara Bogor, Farissa Romadhiyati. Pihaknya saat ini hanya menyediakan beberapa sampel saja untuk dipajangkan.

Farissa menjelaskan, ada beberapa kelebihan produk dari BBPKH Cinagara Bogor seperti telur Puyuh, khasiatnya tersendiri nol kolestrol (tidak ada kolestrol sama sekali), tentu sangat berbeda dengan telur Puyuh yang sudah beredar dipasaran.

“Nol kolestrol, karena burung puyuh yang ada di kita (BBPKH Cinagara Bogor) ini, kita lakukan tritmen memakai herbal-herbal, sehingga hasilnya tidak ada kolestrol sama sekali. Karena di kita ada instalasi, orang-orang yang pelatihan itu prakteknya di kami, susu kambing juga sebenarnya ada, kita tapi tidak dibawa,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur Dr. Hj. mengatakan, dirinya sengaja menghadirkan berbagai sampel produk dari BBPKH Cinagara Bogor dan UMKM untuk memperkenalkan ke khalayak umum.

Menurut Dr. Hj. Endang, pada kegiatan kali ini juga (Safari Gemarikan) bertujuan untuk meningkatkan bisnis UMKM, yakni salah satunya dengan cara mendorong pelaku usaha, agar mampu mengambil peluang dengan potensi lokal.

“Kita juga disini turut pajangkan beberapa produk UMKM dari binaan kita yaitu, makanan yang memang berbahan ikan semua, tidak hanya itu saja ada juga sambal dari bahan ikan kita perlihatkan, ini hasil inovasi dari para UMKM binaan kita,” ucapnya.

Ditempat yang sama Wali Kota Bogor, Bima Arya sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra tersebut, dengan menggencarkan sosialisasi bahwa mengkonsumsi ikan itu sangat penting.

“Ini sangat bagus, tentunya dengan dorongan dari Ibu Hj. dan KKP, kedepannya masyarakat bisa mengkonsumsi ikan, tadi sudah dijelaskan bahwa khasiatnya banyak,” ucapnya.

Apalagi kata politisi PAN ini, khasiat dari ikan sendiri bisa meningkatkan imunitas di kondisi Pandemi Covid-19.

“Tentu yang belum sehat harus sehat, yang sudah sehat harus sehat, dengan banyak mengkonsumsi makanan bergizi. Ia salah satunya ikan ini lah, saya meminta juga agar masyarakat kurangi makanan yang kurang bergizi, mulai lah konsumsi makanan yang sehat,” pesannya.

Untuk diketahui, pada acara Safari Gemarikan yang dilaksanakan oleh Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, Dr. Hj. bekerjasama dengan KKP, turut menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti, cuci tangan, cek suhu badan dan physical distancing serta mewajibkan memakai masker. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here