Friday, 29 March 2024
HomeBeritaSri Mulyani: Peran Strategis Perbankan Penting untuk Mendorong Dunia Usaha

Sri Mulyani: Peran Strategis Perbankan Penting untuk Mendorong Dunia Usaha

BOGORDAILY – Menteri Keuangan  Indrawati menegaskan penempatan uang negara ke bank umum sebesar Rp30 triliun adalah untuk mempercepat pemberian kredit khususnya kepada UMKM dan industri padat karya. Kebijakan ini pun harus didukung sinergi antar semua lembaga dan kementerian terkait.

Menurutnya tidak mungkin hanya menggunakan belanja anggaran pemerintah saja meskipun pemerintah sudah meningkatkan APBN-nya untuk mendukung seluruh langkah-langkah penanganan Covid-19. Baik itu di bidang kesehatan, bantuan sosial, UMKM dan membantu sektor dunia usaha serta sektor-sektor daerah.

“Kita melihat bahwa peran strategis dari perbankan untuk mendorong dunia usaha menjadi sangat penting,” kata dia seperti ditulis Selasa (30/6).

Penempatan uang negara dalam pengelolaan kas memiliki dasar hukum UU Nomor 1 Tahun 2004 dan PP No. 39 Tahun 2007, serta pelaksanaan untuk percepatan pemulihan ekonomi ditetapkan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 70/PMK.05/2020.

Oleh karena itu, pemerintah mengambil kebijakan sebagai pelengkap atau komplemen yang sudah tercantum dalam UU Nomor 2 Tahun 2020 dan PP Nomor 23 Tahun 2020 mengenai pemulihan ekonomi.

“Kita memahami bahwa saat ini dunia perbankan sedang sibuk melakukan penataan. Banyak sekali kliennya mengalami dampak Covid sehingga diantara mereka melakukan restructuring dan juga langkah-langkah untuk bisa mendorong lagi dan memperkuat baik dari sisi perbankan sendiri maupun dari sisi sektor dunia usaha. Inilah yang ingin didukung atau dibantu oleh pemerintah melalui langkah penempatan uang dari pengelolaan kas pada bank umum,” ungkap Menkeu.

Sebagai informasi, PMK Nomor 70/PMK.05/2020 tentang Penempatan Uang Negara pada Bank Umum dalam rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional sekaligus sebagai revisi terhadap PMK Nomor 3/PMK.05/2014 mengenai Penempatan Uang Negara pada Bank Umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here