Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaFinal Piala FA: Derby London Ketujuh di Partai Puncak

Final Piala FA: Derby London Ketujuh di Partai Puncak

BOGORDAILY –  musim ini menghadapkan Arsenal Vs Chelsea. Itu merupakan derby London ketujuh dalam sejarah Piala FA.

Arsenal lebih dulu memastikan tiket musim ini berkat kemenangan atas Manchester City. Di partai babak semifinal Minggu (19/7/2020) dini hari WIB, the Gunners menang 2-0 atas the Citizens.

Setelah itu klub London lain, Chelsea, menyusul ke partai puncak berkat kemenangan atas klub kota Manchester lain, Manchester United, Senin (20/7) dini hari WIB. The Blues menang 3-1 atas the Red Devils.

Hasil-hasil itu membuat pada musim ini akan menghadirkan duel Arsenal Vs Chelsea di Wembley pada tanggal 1 Agustus mendatang. Laga itu sekaligus menjadi sebuah derby London.

Menjelang laga-laga semifinal dihelat, kehadiran keempat tim itu di babak empat besar memang menghadirkan tiga skenario di final: derby Manchester, derby London, atau tim London Vs tim Manchester — sebagaimana laga di semifinal.

Pada akhirnya, derby London-lah yang mewujud di partai puncak. Dalam sejarah kompetisi itu semenjak 1871, ini merupakan derby London ketujuh.

Mengingat ada sejumlah klub yang bermarkas di kota London, tak cuma Chelsea dan Arsenal yang pernah berhadapan di . Ada pula duel yang melibatkan Tottenham Hotspur, Queens Park Rangers, West Ham United, dan Fulham.

Sementara itu, secara spesifik, ini akan menjadi duel ketiga Arsenal Vs Chelsea di sebuah . Pada dua kesempatan sebelum ini, Meriam London selalu menang atas si Biru.

Arsenal sendiri saat ini masih menjadi tim tersukses di Piala FA terkait dengan koleksi trofinya. Sudah 13 kali Arsenal menjuarai Piala FA dari 20 penampilan di final sebelum ini — belum termasuk musim ini.

Sedangkan Chelsea sejauh ini sudah mengoleksi delapan trofi Piala FA, menjadi tim ketiga tersukses di ajang tersebut di bawah Manchester United. Penampilan terakhir Chelsea di final adalah ketika menang 1-0 atas MU pada tahun 2018.

Berikut derby London di  sebelumnya:

Musim Tim yang menang Tim yang kalah Skor
2016-17 Arsenal Chelsea 2-1
2001-02 Arsenal Chelsea 2-0
1981-82 Tottenham QPR 1-0 (setelah replay)
1979-80 West Ham Arsenal 1-0
1974-75 West Ham Fulham 2-0
1966-67 Tottenham Chelsea 2-1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here