Saturday, 18 May 2024
HomeKabupaten BogorIdul Adha, 2.953 Hewan Kurban Siap Disembelih di Kabupaten Bogor

Idul Adha, 2.953 Hewan Kurban Siap Disembelih di Kabupaten Bogor

BOGOR DAILY – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) mencatat ada sebanyak 2.953 ekor akan disembelih pada hari Raya Qurban nanti.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Disnakan Kabupaten Bogor, Hardi Hendriawan mengatakan, 2.953 hewan qurban akan disembelih itu merupakan yang terdata oleh dinas.

“Yang dibina dan masuk ke data dinas ada sebanyak 906 jenis kambing, dan 2.047 ekor hewan qurban jenis sapi dan kerbau,” katanya kepada wartawan, Senin (20/7/2020).

Saat ini Disnakan Kabupaten Bogor sedang melakukan upaya sosialisasi tata cara penyembelihan hewan qurban melalui daring atau online.

“Sekarang kita juga sedang melakukan sosialisasi tata laksana jual beli dan pelaksanaan pemotongan kurban dimasa Covid-19 dilakukan secara online, tanpa diadakan tatap muka kita lakukan secara surat menyurat ke kelurahan, kecamatan dan juga DKM,” ucapnya.

Menurutnya, ada penurunan pemotongan hewan qurban di tahun 2020 ini dibanding tahun sebelumnya.

“Untuk sendiri yang terdata terjadi penurunan dari tahun kemarin sekitar 10 persen,” jelasnya.

Dirinya berharap, pada pelaksanaan pemotongan hewan qurban tahun ini bisa berjalan seperti biasanya.

“Saya harapkan pelaksanaan Idul Adha tahun 2020 ini aman dan terkendali seperti tahun-tahun kemarin, dan untuk pelaksanaan kegiatan inipun diharapkan semua pihak yang terkait tetap mengikuti protokol yang dipersiapkan pemerintah dimasa pandemi Covid-19,” tukasnya.

Sementara itu, di masa pandemi Virus Korona atau Covid-19 sangat berdampak terhadap penjualan , jelang Hari Raya Idul Adha tahun 2020 di Kabupaten Bogor.

Seperti yang dirasakan penjual yang berlokasi di Jalan Alternatif Gor Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Yahya (43).

Menurutnya, penjualan di tahun 2020 jelang Hari Raya Idul Adha ini turun drastis dibandingkan tahun sebelumnya.

“Saya biasanya pada tanggal-tanggal segini sudah menjual sebanyak 150 ekor , tapi di tahun ini baru jual sebanyak 90 ekor,” katanya kepada Bogordaily.net dilokasi penjualannya, Senin (20/7/2020).

Harga tahun 2020 ini kata Yahya, tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Harganya masih hampir sama seperti tahun sebelumnya, yang paling murah itu harganya Rp15 juta-an,” aku Yahya yang sudah berjualan selama 20 tahun ini. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here