Sunday, 29 September 2024
HomeBeritaKokolot Bogor Turun Gunung Bantu Pemda Lestarikan Seni Budaya

Kokolot Bogor Turun Gunung Bantu Pemda Lestarikan Seni Budaya

Bogor Daily – Forum Komunitas Independent (Forkind) Kokolot Bogor melantik kepengurusan dari Abah Yana kepada Abah H. Bustomi Karim sebagai Pupuhu atau Ketua periode 2020-2025. Bertempat di salah satu markasnya di Warung Tenda Kuliner, Jalan Raya Sholeh Iskandar, Kota Bogor, Senin 27 Juli 2020, Forkind sebagai paguyuban yang bergerak di bidang kebudayaaan dan sosial berkomitmen untuk bersinergi membantu program Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

“Forkind Kokolot Bogor akan selalu bersinergi dalam membantu program-program Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, salah satunya yakni dalam pelestarian cagar budaya,”ungkap Sekjen Kokolot Bogor, Jacky Wijaya.

Ditambahkannya,  sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia, Kota Bogor belum memiliki banyak ikon yang menjadi daya tarik. “Kami memiliki keinginan agar Kota Bogor memiliki simbol pariwisata sebagai ciri khas di wilayah tertentu,” ujar dia.

Menurutnya, Kota Bogor bisa mencontoh Kota Bandung yangvmemiliki banyak monumen sebagai penanda suatu kawasan wisata.

“Kota Bogor kan banyak sekali produsen, perajin, dan pembuat makanan khas yang sudah dikenal wisatawan lokal dan mancanegara, masa kita harus kalah dari mereka. Untuk itu, kami sudah meminta izin ke Disbudpar Kota Bogor untuk membangun monumen wisata di beberapa titik,” tukasnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim dalam sambutannya, mengapresiasi keberadaan Forum Komunikasi Independent (Forkind) Kokolot Bogor. Menurutnya, paguyuban tersebut akan sangat membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam pelestarian budaya Sunda.

“Kami ada Perwali Kota Bogor Nomor 55 Tahun 2020 tentang Budaya Sunda. Nanti bisa dibantu untuk di sosialisasikan kepada masyarakat,” ujarnya saat menghadiri pelantikan dan silaturahmi Forkind Kokolot Bogor.

Dedie berharap, agar Forkind Kokolot Bogor dapat ikut membantu pemkot dalam melestarikan kebudayaan Sunda dan memberikan saran layaknya senior kepada juniornya.

“Silahkan kordinasi dengan disbudpar, apa yang perlu dilakukan untuk melestarikan kebudayaan Sunda,” ucap Dedie yang juga Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Bogor.

Sekadar diketahui, Pelantikan pengurus diawali dengan penyerahan pataka Forkind Kokolot Bogor dari Abah Yana yang diberikan kepada Abah H. Bustomi, kemudian dari Abah Eddi SK kepada Abah Jacky Wijaya sebagai Sekjen, dan dari Abah Ir Agus Iqbal ST kepada Bunda Hj. Aning, sebagai Bendahra Umum.

Turut hadir pula Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bogor Atep Budiman, serta 2 orang Kabid dari Badan Kesatuan Bangsa (Kesbang) masing-masing Abah Sinaga dan Abah Iwan, mewakili Ketua Badan Kesbang, Abah Dadang.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here