Melihat BumDesMa Pamijahan Produksi Hasil Petani dari Beras hingga Kopi

  • Whatsapp
Pengurus BumDesMa Kecamatan Pamijahan saat foto bersama dan menunjukan hasil yang sudah di produksi dari petani setempat. Foto : Andi/Bogordaily.net

BOGOR DAILY – Walaupun belum ada penyertaan modal dari desa, Badan Usaha Milik Desa Bersama (BumDesMa) yang terdiri dari empat desa yakni Purwabakti, Cibitung Wetan, Cibunian, dan Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, telah membuktikan beberapa produk sudah dipasarkan.

Ketua BumDesMa Kecamatan Pamijahan, Herdiansyah mengatakan, saat ini pemerintah desa belum sama sekali memberikan penyertaan modal untuk ke empat BumDes bersama yang sudah berjalan dari bulan Februari 2020 ini.

Read More

Akan tetapi, hal tersebut tidak mematahkan semangat bagi gabungan BumDesMa dari empat desa di Kecamatan Pamijahan ini. Kendati, pihaknya juga sudah mendapatkan bantuan sebanyak Rp21 juta dari PT. Astra.

“Sampai saat ini kami belum mendapatkan bantuan dari pemerintah desa, tapi alhamdulillah kami dibantu oleh PT Astra dan IPB dalam mengembangkan hasil pertanian di Kecamatan Pamijahan ini,” ujarnya.

Menurut Ayong sering disapa, walaupun belum ada bantuan sepeserpun dari desa, pihaknya saat ini sedang berjalan dalam memprodukai empat produk dari hasil pertanian, serta satu tempat wisata di Kecamatan Pamijahan.

Ayong juga menyebutkan, ke empat produk hasil petani dan satu wisata itu yakni, Kopi Gunung Gagak, Beras Pamijahan, Ikan Mas, Cengkeh dan Curug Cikuruwung yqng terletak di Desa Cibitung Wetan.

“Alhamdulillah kita sudah pasarkan produk milik BumDesMa, seperti kemarin kita produksi beras Pamijahan sebanyak 13 ton, dengan keuntungan bersih sebesar Rp10 juta rupiah,” tuturnya.

Masih kata Ayong, BumDesMa juga sudah menjalin kerja sama pada akhir bulan Juni 2020, dengan koperasi Galang Visi Nusantara, dan Koperasi CV Intranet Sukabumi.

“Kalau masalah keuntungan kita kesampingkan dulu, kita saat ini fokus ke mitra terlebih dahulu,” tukasnya.

Hal serupa juga diutarakan Sekretaris BumDesMa Pamijahan, Wahyu Hidayat. Dirinya berharap Pemerintah Kabupaten Bogor bisa memberikan modal dalam mengembangkan semua potensi yang ada di Pamijahan ini.

“Semoga Pemkab Bogor bisa membantu, saat ini kita disini tentunya bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Maka dengan dibentuknya BumDesMa ini bisa menurunkan angka pengangguran di Pamijahan,” harapnya. (Andi).

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *