Memulai Hobi Mobil Retro, Ini Tips Dari Kumplang

  • Whatsapp

BOGOR DAILY – Bagi pecinta mobil retro atau tua jangan khawatir jika memang dibenak kalian saat ini mobil pabrikan tahun 1970 dan 1990 itu tidak memiliki bengkel khusus, karena mulai tergerus oleh mobil berteknologi canggih keluaran terbaru.

Salah seorang yang ahli dibidang mobil retro asli Bogor, Muhammad Faisal Aropah sering dipanggil Kumplang mengatakan, saat ini mobil retro semakin tinggi peminatnya di Indonesia khususnya Bogor, baik dikalangan menengah maupun atas.

Read More

“Jangan khawatir, sekarang bengkel-bengkel mobil retro ada di mana-mana. Tentunya, jika membeli mobil keluaran tahun 70 sampai 90 ini, kalian jangan berpikir gak ada bengkelnya, sekarang sudah banyak,” katanya, Kamis (2/7/2020).

Kumplang menjelaskan, perbandingan mobil retro dengan pabrikan sekarang tentunya sangat jauh berbeda mulai dari cara mengendarai apakah nyaman atau tidak, maupun dari segi tampilan

“Kalau dibilang sekarang itu enakan mobil dulu, enaknya itu kita benar kerasa bawa mobil, dijalan nyaman, dan orang-orang juga melihatnya mobil retro ini keren, kalau mobil Sekarang kan cuma gitu aja. Mobil Sekarang enak tapi perawatan rewel, sedikit-sedikit kaki-kaki, operhead ladiator. Mobil dulu kan jarang, mobil VW sendiri gak pakai radiator tapi blower. Kalau mau perjalanan jauh paling cek oli kurang atau pas, kalau kurang kita tambah,” jelasnya.

Menurutnya, dari segi memperbaiki juga tentunya lebih nyaman mobil retro. Harga sperpat juga sangat murah dan ketahanannya juga bisa diperhitungkan.

“Enak lebih dulu, kesulitan ada tapi enak aja, yang kita belum Nemu itu pasti ada, mobil sekarang kan kalau udah rusak harus ganti ribet lah harus sesuai komputer. Perbandingan sperpat nya itu bisa tahan 10 tahun kalau mobil retro, kalau yang sekarang paling sampai lima tahun itu paling lama,” ucapnya.

Dari segi perhatian juga mobil retro gampang diatasinya dibanding mobil keluaran sekarang.

“Mobil sekarang kalau kurang perhatian itu bisa ancur, kalau dulu gak sampai ancur. Mobil tua kelamaan itu lebih enak apalagi perkembangan mobil retro ini sangat luas, dari kalangan menengah ke atas, bengkel juga banyak” ungkapnya.

Kumplang juga menyebutkan, untuk kendala mobil-mobil retro pasti tidak jauh dari mulai kaki-kaki, transmisi dan mesin tentunya.

“Nah kalau mau beli mobil retro itu harus bawa mekanik yang tahu, jadi bisa dicek apa kekurangan dan kelebihannya, jangan sampai ketika kita beli, kita malah menyesal,” sebutnya.

Ia menambahkan, jika kalian menginginkan benar-benar mobil retro yang siap pakai, Kumplang memberi sarang agar siapkan bajet sebesar Rp50 juta.

“Karena pasaran mobil retro yang dipasaran siap pakai itu disekitaran harga Rp50 juga, itu udah tinggal gas aja,”

Ia juga berharap, kedepannya ada bursa jual beli mobil retro di Bogor yang turut menghadirkan berbagai merk retro. Tentunya dipasangkan juga harga pasarannya supaya masyarakat yang beli bisa memperkirakan terlebih dahulu. (Andi).

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *