Friday, 26 April 2024
HomeBeritaMenkominfo Meminta Investigasi Dugaan Kebocoran Data Pelanggan Seluler

Menkominfo Meminta Investigasi Dugaan Kebocoran Data Pelanggan Seluler

BOGORDAILY – Menteri Komunikasi dan Informatika (), Johnny G. Plate meminta seluruh operator melakukan investigasi internal terkait dengan dugaan kebocoran data salah satu pelanggan. Dugaan sementara, pemerintah tengah menanggapi kasus yang sedang dialami Denny Siregar dengan Telkomsel.

“Kemkominfo telah meminta kepada penyelenggara jaringan bergerak seluler terkait, untuk melakukan investigasi internal dan menelusuri apakah telah terjadi pencurian atau kebocoran data pelanggan telekomunikasi seluler. Diharapkan hasil investigasi ini dapat segera disampaikan,” ujarnya dalam keterangan pers, Senin (06/07).

Sesuai dengan ketentuan Pasal 17 ayat (3) dan ayat (5) Peraturan Menteri Kominfo 12/2016, penyelenggara jaringan bergerak seluler wajib merahasiakan data dan/atau identitas pelanggan serta wajib memiliki sertifikasi paling rendah ISO 27001 untuk keamanan informasi dalam mengelola data pelanggan.

Berdasarkan pantauan Kemkominfo, penyelenggara jaringan bergerak seluler telah memiliki sertfikasi ISO 27001. Sertifikasi manajemen keamanan informasi itu mensyaratkan adanya implementasi kontrol keamanan spesifik untuk melindungi aset informasi dan seluruh gangguan keamanan, termasuk potensi kebocoran data.

“Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, saat ini seluruh penyelenggara jaringan bergerak seluler telah memiliki sertifikasi ISO 27001,” jelasnya.

Kasus Denny Siregar

Denny mendapati data pribadinya diunggah secara umum di media sosial oleh pemilik akun Twitter @opposite6891. Data pribadi di dalamnya mencakup nama lengkap, alamat, nomor induk pendudukan, nomor kartu keluarga, nomor telepon, jenis dan tipe perangkat, sampai ke data online.

Denny pun tidak tinggal diam. Merasa dirugikan, Denny kemudian mencuit menuntut jawaban dari Telkomsel dan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Sementara itu, pihak Telkomsel menyebut, siap bekerja sama dengan dan berkoordinasi dengan aparat berwenang terkait masalah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here