Saturday, 18 May 2024
HomeKabupaten BogorPentas Seni di Ruang Belajar, Bersama Yang Kreatif

Pentas Seni di Ruang Belajar, Bersama Yang Kreatif

BOGOR DAILY – Seniman merupakan sebutan bagi seorang yang kreatif, inovatif dan mahir di bidang seni. Karya kreatif seniman umumnya berupa karya sastra, tarian, lukisan, patung, lakon, musik dan film.

Anggota Karang Taruna Kecamatan dan perwakilan Desa Mekarsari yang turut hadir diacara Ruang Belajar Bersama. Foto : Andi/Bogordaily.net

Pada kali ini, pengenalan lebih dalam mengenai Ruang Belajar Bersama di bidang seni ditampilkan di ruang belajar seni Desa Mekarsari, Kecamatan , Kabupaten Bogor, Sabtu (18/7/2020).

Pentas seni musik yang ditampilkan di acara Ruang Belajar Bersama. Foto : Andi/Bogordaily.net

Pada pengenalan seni di Ruang Belajar Bersama Sanggar Dipikatineung kali ini di isi oleh anak-anak muda dari usia lima tahun sampai 50 tahun, yang memang mempunyai bakat seniman.

Bukan Dapur Bang Dik yang juga turut mensuport acara di Ruang Belajar Bersama. Foto : Andi/Bogordaily.net

Ketua pelaksana acara Ruang Belajar Bersama, Alfa Baskoro mengatakan, pada acara kali ini merupakan sebuah terobosan untuk meningkatkan potensi-potensi anak-anak muda di Bogor khususnya di Desa Mekarsari, Kecamatan .

“Pada acara ini tujuannya meningkatkan potensi kreatifitas anak-anak muda di sini (RW 01 Desa Mekarsari), dan tentunya dengan adanya acara ini bisa mewujudkan ekonomi kreatif juga,” katanya ketika ditemui dilokasi, Sabtu (18/7/2020).

Seni lukis yang ditampilkan di Ruang Belajar Bersama. Foto : Andi/Bogordaily.net

Menurutnya, pada pelaksanaan kali ini juga turut disuport juga oleh Yayasan Komunitas Penyanyi Jalanan Merdeka Bogor dan Road Brothers MC Indonesia, serta Karang Taruna Kecamatan .

Ditempat yang sama Ketua Katar Kecamatan , RA Mubarok mengungkapkan, pada acara kali ini tujuannya untuk meningkatkan potensi sanggar seni dan budaya Ruang Belajar Bersama untuk lebih kreatif lagi.

“Kedepannya kita akan kenalkan ke dinas terkait. Harapannya yakni dengan adanya hal ini bisa berjalan dan berkesinambungan serta meningkatkan kreatif dari anak muda, daripada nongkrong di jalan gak jelas lebih baik di ekspresikan disini,” ungkapnya.

Disamping itu, salah satu pengisi acara Ruang Belajar Bersama yakni Rafaldo (30) asal Jakarta ini mengatakan, pada pengisi acara ini juga turut memperingati HUT Road Brothers MC Indonesia yang ke tujuh.

“Kita disini bersama-sama tampil, bersama anak-anak muda yang mempunyai kreatifitas dibidang seniman, kita sebetulnya disini mau menggelar acara lebih wah. Tapi kita juga menghargai dan tetap patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19, dan yang hadir hanya perwakilan saja,” katanya.

Hal senada diutarakan Pelatih Sanggar Dipikatineung Kecamatan Rabcabungur, Rita Puspita (33), pada acara ini dirinya menampilkan seni tari dan lukis yang ditampilkan oleh anak didiknya dari mulai usia lima sampai 10 tahun.

“Anggota yang di didik oleh saya sebanyak 24 orang, harapan kita kedepan kedepannya mempunyai lokasi yang permanen, dan lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah setempat. Khususnya Pemkab Bogor,” harapnya.

Disamping itu, Ketua BPD Desa Mekarsari, Atnan (57) mendukung penuh kegiatan pentas seni di Ruang Belajar Bersama ini. Pihaknyapun akan memperkenalkan sanggar ini ke Pemkab Bogor, yakni Dinas Budaya dan Pariwisata.

“Suatu apresiasi bagi kami, masyarakat yang bagus, adanya ruang belajar di bidan pendidikan budaya dan seni ini bisa juga meningkatkan ekonomi kedepannya. Pada tahun ini juga saya bersama dengan ketua LPM Desa Mekarsari akan mengajukan ke pemerintah desa dan kecamatan untuk lebih di suport dari segi anggaran, dan semoga ini bukan sekedar seremonial saja,” tutupnya.

Pada acara pentas seni di Ruang Belajar Bersama ini turut menampilkan berbagai seniman diantaranya, seni lukis, musik, tari dan juga turut didukung oleh Bukan Dapur Bang Dik. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here