Wednesday, 26 June 2024
HomeBeritaPenumpang KRL Lebih Terkendali

Penumpang KRL Lebih Terkendali

BOGOR DAILY- Kondisi di Stasiun Bogor mengalami peningkatan jumlah . Namun, masih bisa terkendali dengan bus gratis oleh Kementerian Perhubungan (Kemehub) dan PemprovDKI Jakarta.

Wali Kota Bogor Bima Arta Sugiarto mengatakan kondisi ini memang sedikit berbeda dibandingkan dengan awal pekan lalu. Karena, banyak yang memilih berangkat pada Minggu malam.

“Hari ini kita lihat situasi penumpang yang normal. Minggu lalu turun karena dua minggu lalu penuh sekali, kelihatannya minggu lalu memilih (pergi) Minggu malam sehingga Seninnya turun. Lalu karena minggu lalu turun dan agak sepi, penunpang kembali lagi,” kata Bima, kepada wartawan, Senin (20/7/2020).

Meski begitu, kondisi ini masih bisa terkendali dengan layanan bus gratis dari Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang jumlahnya dikurangi menjadi 77 bus. Antrean penumpang hingga masuk ke dalam gerbong berkisar 30-40 menit.

“Tapi tetap relatif bisa terurai, waktu antrean di luar 20 menit di waktu padat. Di dalam setengah jam sampai 40 lah. Senin kemarin kan setengahnya gak terpakai karena sudah kosong. Makanya sekarang turun setengahnya (77 bus). Ini cukup,” ungkapnya.

Bima menambahkan, layanan bus ini menjadi solusi utama mengurangi kepadatan di Stasiun Bogor jika belum ada kenaikan kapasitas penumpang dalam gerbong. Namun, tidak selamanya bus ini gratis.

“Tadi saya berbicara dengan pak Dirjen kita sepakat ini tidak bisa permanen, tidak mungkin semua gratis sudah ada survei juga jadi warga bersedia membayar tiket bus asal tidak terlalu tinggu tidak jauh dengan kereta dan kita akan mempercepat itu,” jelas Bima.

Akan tetapi, rencana bus berbayar ini masih perlu pembahasan lebih lanjut untuk mempersiapkan hal-hal teknis lainnya termasuk menentuka harga tiket.

“Karena tidak mungkin selamanya gratis di sini dan selama belum memungkinkan ditambah kapasitas penumpang di dalam gerbong maka solusi bus berbayar ini menjadi solusi utama,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here