Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaPiala AFF Kemungkinan akan Digelar Bulan April 2021

Piala AFF Kemungkinan akan Digelar Bulan April 2021

BOGORDAILY – Konfederasi Sepakbola ASEAN (AFF) memastikan  2020 resmi ditunda ke tahun 2021. Kesepakatan dicapai lewat rapat Komite Darurat AFF, Kamis (30/7/2020).

Sebagaimana dikabarkan Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi sebelumnya, penundaan dikarenakan pandemi COVID-19. Seharusnya tahun ini digelar pada 23 November hingga 31 Desember.

Komite Darurat AFF sepakat turnamen dua tahunan ini mustahil untuk digelar sesuai jadwal setelah melalui serangkaian diskusi. Pandemi virus corona diperkirakan masih belum surut saat dilaksanakan.

“Sejak merebaknya COVID-19, AFF selalu mengikuti panduan WHO, Kementerian Kesehatan, Lembaga Pemerintah, FIFA, dan AFF,” kata Presiden AFF Khiev Sameth dalam rilis resmi.

“Seperti yang diketahui bersama, pandemi ini terus menimbulkan tantangan kesehatan, sosial, dan sangat besar buat kita semua. Prioritas AFF adalah kesehatan dan keselamatan keluarga sepakbola kita dalam upaya memerangi dampak negatif pandemi ini.”

“Dengan perhitungan penyebaran COVID-19 masih terbilang tinggi, AFF menyadari bahwa turnamen 2020 tak bisa digelar.”

Media Vietnam Thethao mengungkapkan bahwa Komite Darurat AFF mengusulkan turnamen digeser ke April 2021. Usulan itu akan diserahkan ke jajaran Dewan AFF agar dipertimbangkan.

Belum diketahui format pengganti yang akan diterapkan pada 2021. 2020 sedianya digelar di Vietnam yang sudah menyatakan kesediaan ditunjuk menjadi tuan rumah.

Penunjukkan Vietnam sendiri merupakan bagian rencana AFF dalam menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi virus corona. Kebetulan COVID-19 di Vietnam terbilang relatif aman.

Sementara itu, pada , setiap tim memainkan empat pertandingan dengan sistem dua laga kandang dan dua kali tandang pada fase grup. Kemudian dilanjut dengan format dua leg kandang-tandang di babak semifinal dan final.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here