Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaRencana Jokowi Rampingkan Lembaga Bisa Mempercepat Kinerja Pemerintah

Rencana Jokowi Rampingkan Lembaga Bisa Mempercepat Kinerja Pemerintah

BOGORDAILY – Pengamat politik Hendri Satrio menilai rencana Presiden  untuk merampingkan lembaga bisa mempercepat kinerja pemerintah. Namun hal itu juga harus didukung oleh pimpinan lembaga yang bersangkutan.

“Jadi kalau ditanya apakah sudah tepat dan mempercepat kinerja pemerintah, ya secara di atas kertas perhitungannya pasti bisa, karena jadi kecil dan lebih pendek birokrasinya. Tapi apakah bisa menopang pembangunan itu tergantung dari individu yang diletakkan Pak untuk memimpin lembaga itu, kemudian mampu nggak si individu ini menjalankan leadership untuk mempercepat kinerja pemerintah,” ujar Hendri kepada wartawan, Selasa (14/7/2020).

Hendri mengatakan peleburan lembaga adalah hal yang wajar di tiap-tiap pemerintahan. Hal itu juga dilakukan oleh beberapa presiden sebelumnya.

“Peleburan lembaga ini bukan hal pertama yang dilakukan pemerintah, era Soeharto juga pernah, era Gus Dur juga pernah, jadi di era-era presiden lainnya juga pernah kok melakukan peleburan lembaga. Nah Pak pernah beberapa kali melakukan itu, di periode pertama juga bahkan menutup beberapa lembaga,” tuturnya.

Hendri meyakini memiliki evaluasi terkait tiap-tiap lembaga. Dia juga menyinggung bahwa telah mempunyai visi di era kepemimpinannya.

“Kalau ditanya apakah positif atau tidak itu yang bisa menjawab itu ya Presiden, karena yang punya evaluasi setiap lembaga ya Presiden. Jadi tujuannya ke arah mana, kan sama-sama kita mendengar Presiden mengatakan adalah yang ada visi Presiden. Jadi ya kita ikuti aja visi Presiden ke arah mana,” kata dia.

Lebih lanjut, Hendri menilai kepala lembaga yang diinginkan adalah yang memahami keinginannya. Dia juga meminta agar peleburan lembaga itu dikaji secara komprehensif.

“Yang paham cara kerjanya Pak dan mengerti hasil kerja yang diinginkan Pak . Yang penting dikaji dulu benar-benar, jangan cepat,” tuturnya.

Presiden diketahui berencana akan melebur beberapa lembaga. Rencana itu disampaikan di Istana Merdeka, Jl Medan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (13/7) kemarin.

“Dalam waktu dekat ini ada 18,” kata Jokowi. Pernyataan Jokowi ini menjawab pertanyaan soal perampingan lembaga dan komisi.

Jokowi membeberkan alasan di balik niatnya merampingkan 18 lembaga dan komisi. Poin penjelasan Jokowi ialah efisiensi anggaran.

“Semakin ramping organisasi ya cost-nya kan semakin bisa kita kembalikan. Anggaran, biaya. Kalau pun bisa kembalikan ke menteri, kementerian, ke dirjen, direktorat, direktur, kenapa kita harus pakai badan-badan itu lagi, ke komisi-komisi itu lagi,” kata Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here