Monday, 13 May 2024
HomeBerita4 Instruksi Jokowi Demi Gelaran Pilkada Tak Jadi Klaster Baru Corona

4 Instruksi Jokowi Demi Gelaran Pilkada Tak Jadi Klaster Baru Corona

BOGORDAILY –  bakal digelar serentak di 270 daerah pada 9 Desember. Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pesta demokrasi itu aman dari penyebaran wabah virus Corona (COVID-19).

Jokowi menyampaikan sejumlah arahan saat membuka rapat terbatas persiapan yang disiarkan saluran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (5/8/2020).

Jokowi berharap tetap menganut asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber jurdil).

Selain itu, Jokowi meminta jajarannya meyakinkan masyarakat bahwa pemerintah serius mengutamakan aspek keselamatan dari penularan virus Corona.

Berikut 4 Arahan Jokowi Tangkal Gelaran Jadi Klaster Baru Corona:

Protokol Aman dari COVID Jadi Prioritas

Jokowi menegaskan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 harus dijalankan dengan protokol kesehatan pencegahan virus Corona.
“Karena pilkada ini diselenggarakan di tengah situasi pandemi yang kita harapkan tetap berjalan secara demokratis, luber jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil), tapi yang paling penting tetap aman COVID,” kata Jokowi.

Pilkada serentak rencananya digelar pada 9 Desember 2020 di 270 daerah. Jokowi mengatakan harus berkualitas dan aman dari penularan virus Corona.

ini harus semakin berkualitas juga aman COVID, sehingga aspek kesehatan, aspek keselamatan petugas, peserta, juga pemilih harus menjadi prioritas,” kata Jokowi.

“Penerapan protokol kesehatan harus betul-betul menjadi sebuah kebiasaan baru dalam setiap tahapan di Pilkada sehingga tidak nantinya menimbulkan klaster baru atau gelombang baru dari COVID yang kontraproduktif,” imbuhnya.

Pilkada Jangan Timbulkan Klaster Baru COVID

Jokowi tidak ingin menjadi klaster baru penularan virus Corona. Untuk itu, Jokowi meminta harus dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Penerapan protokol kesehatan harus betul-betul menjadi sebuah kebiasaan baru dalam setiap tahapan di Pilkada sehingga tidak nantinya menimbulkan klaster baru atau gelombang baru dari COVID yang kontraproduktif,” kata Jokowi.

Jokowi berharap tetap menganut asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber jurdil). Urusan kesehatan petugas, peserta, dan pemilih juga harus diprioritaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here