Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorBangunan Liar dikawasan Hambalang Dibongkar Paksa

Bangunan Liar dikawasan Hambalang Dibongkar Paksa

BOGOR DAILY – Puluhan bangunan liar yang berdiri dikawasan Hambalang, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor dibongkar paksa PT Buana Estate.

“Kita sudah memberikan peringatan sejak beberapa hari lalu. Kalau bangunan yang ada di lahan PT Buana Estate akan dibongkar,” ujar kuasa hukum PT Buana Estat, Ariano Sitorus, kepada wartawan, Rabu (12/8/2020)

Menurutnya, pembenahan ini dilakukan karena lahan tersebut akan digunakan untuk keperluan pembangunan kawasan Agrowisata dan sarana public lainnya untuk masyarakat.

PT Buana Estate telah memiliki tanah perkebunan di Hambalang itu sejak tahun 1977 dengan hak sertipikat HGU No.01/Hambalang/77 seluas sekitar 700 hektar. HGU ini berlaku saat ini.

Ia menyebutkan, langkah pembenahan dilakukan dengan kian berkembangnya kawasan Hambalang.

HGU 01 masih kata Sitorus, diperpanjang dan dipecah menjadi beberapa sertipikat. Salah satunya menjadi sertipikat Nomor 149/Hambalang seluas 448 hektare.

Ia juga menyebut jika penjelasan dan langkah ini dilakukan untuk merespon sejumlah oknum biong yang mencoba menghalang-halangi upaya PT Buana Estate menggunakan lahannya sendiri.

Para oknum biong ini juga mencoba membangun opini seolah-olah PT Buana Estate telah semena-mena mengambil paksa tanah yang secara fisik mereka kuasai.

‘”Yang kita lakukan adalah mengambil kembali tanah kami yang mereka duduki secara ilegal. Dan kita sudah menetapkan hati melaporkan oknum-oknum yang berkaitan kepada Polres Bogor,” tukasnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here