Thursday, 9 May 2024
HomeKota BogorBapenda Kini Miliki Alat Perekam Transaksi Wajib Pajak

Bapenda Kini Miliki Alat Perekam Transaksi Wajib Pajak

BOGORDAILY – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor bersama PT. Cartenz  melakukan sosialisasi Alat Fiskal Elektronik (AFE) kepada para Wajib Pajak (WP) Kota Bogor.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan kepada para pengusaha hotel, restoran, tempat hiburan dan parkir melalui zoom meeting pada Senin (31/8/2020).

Kepala Bapenda Kota Bogor, Deni Hendana mengatakan ada 320 WP yang mengikuti sosialisasi tersebut.

Deni menjelaskan di tahun 2020 ini sejak awal tahun pihaknya mencoba mengembangkan beberapa jenis alat sesuai alat perekaman transaksi oleh wajib pajak.

“Jadi ada empat jenis alat yang sesuai dipergunakan oleh WP total hingga tahun 2021 kurang lebih akan ada 1.300 alat dari hibah PT. Cartenz, sesuai MoU akan dipinjampakai kan sekitar 1.000 ribu alat, kemudian PT Subaga yang ditunjuk oleh Bank Jabar Banten (BJB) ada sekitar 250 alat dan dari PT Jakarta Infrastruktur Propertindo atau anak perusahaan Jakpro pinjam pakai sekitar 50 alat,” katanya.

Deni melanjutkan, pembayaran pajak tetap bisa melalui BJB, sehingga transaksi ini akan terinput otomatis apabila pihak WP menginput di cash register nya.

“Sesuai amanat Wali Kota Bogor Bima Arya agar Bapenda Kota Bogor terus berinovasi di masa pandemi Covid-19 Kota Bogor, kami mengurangi pertemuan antara petugas pajak dengan WP, Kami juga menyesuaikan penyediaan alat-alat dengan kondisi keuangan yang ada,” ujarnya.

Di lokasi yang sama Sekretaris Bapenda Kota Bogor, Lia Kania Dewi mengatakan sosialisasi dilakikan secata webbinar selama dua kali

“Tadi Webinar sosialisasinya sesi satu ada penyampaian dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), AFE ini alat untuk memaksimalkan pembayaran pajak hotel, hiburan dan restoran” ujarnya.

Terpisah, Direktur PT Cartenz, Bernadus Hernanto mengatakan, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi, pihaknya ingin berkontribusi dengan memberikan bantuan bagi Pemerintah Kota Bogor.

Terkait pinjam pakai 1.000 device AFE ke BapendaBernadus mengatakan bahwa tujuannya untuk memaksimalkan potensi pendapatan pajak dan retribusi daerah dengan menyasar 1.000 WP dari mulai Hotel, Restoran, Hiburan dan Parkir.

“Harapan kami dengan kerja sama ini Bogor bisa terus berlari dengan kondisi aman, nyaman dan terlindungi bersama jejak dan alat fiskal elektronik,”ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here