Friday, 26 April 2024
HomeBeritaBupati Bogor Ade Yasin Rekomendasikan Rumpin jadi Ibukota Bogor Barat

Bupati Bogor Ade Yasin Rekomendasikan Rumpin jadi Ibukota Bogor Barat

BOGOR DAILY – DPRD Jawa Barat saat ini sudah membentuk panitia khusus (Pansus) di Jawa Barat, untuk memecahkan permasalahan Daerah Otonomi Baru (DOB).

Hal tersebut di sambut Bupati Bogor, Ade Yasin saat melakukam sambutan di acara peresmian Jembatan Gerendong yang menghubungkan dua kecamatan yakni Ciseeng dan Rumpin, Kamis (13/8/2020).

Politisi PPP ini mengatakan, saat ini DOB Bogor Barat juga sedang dalam pembahasan di Jawa Barat. Bahkan, sudah di pansuskan oleh anggota DPRD Jawa Barat.

Di lokasi peresmian jembatan Gerendong, orang nomor satu di Bumi Tegar Beriman ini kembali menyinggung wilayah Rumpin, yang memang dinilai cocok untuk menjadi ibukota .

“Kabupaten Bogor ini akan dimekarkan, Rumpin juga masuk ke Bogor Barat. Pemekaran Bogor Barat juga harus dibahas dan Rumpin juga jadi perhatian. DOB Bobar akan melepaskan 14 kecamatan dari Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Menurut wanita yang disapa AY, jika memang Rumpin disetujui menjadi Ibukota Bogor Barat tentunya sangat baik.

“Banyak potensi yang banyak di sini (Rumpin), saya pikir ini harus dipertimbangkan, di infrastruktur juga sangat mudah, bisa menyambung ke 3 provinsi, Jabar, DKI dan Banten,” katanya.

Ade Yasin juga kurang setuju, jika Kecamatan Cigudeg jadi ibukota Bogor Barat. Karena menurutnya, lokasi Cigudeg sangat rawan bencana.

“Di Cigudeg itu banyak rawan bencana, tanah tidak sekuat di sini (Rumpin), lebih keras tidak goyang seperti Cigudeg. Rumpin secara terminologi sangat baik dan tepat, bisa disebut Rumpin (Rumah Pimpinan) jadi cocok jadi ibukota potensinya luar biasa,” tukasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Jawa Barat, H Ruhyat Nugraha mengungkapkan, Kabupaten Bogor yang masuk pansus Raperda pemekaran atau pendirian daerah otonomi baru (DOB) DPRD Jawa Barat (Jabar) saat ini.

“”Keenam daerah yang  persyaratannya sudah terpenuhi itu adalah Garut Selatan, Sukabumi Utara, Bogor Barat, Bekasi Utara, Cianjur Selatan, dan Indramayu Barat. Dari enam DOB, tersebut baru tiga yang dalam pembahasan calon daerah persiapan otonomi baru (CDPOB) yakni Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan dan ,” tutupnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here