Friday, 29 March 2024
HomeBeritaDisuntik Vaksin Covid-19, Ridwan Kamil Alami Pegal pegal

Disuntik Vaksin Covid-19, Ridwan Kamil Alami Pegal pegal

BOGOR DAILY-Gubernur Jawa Barat sudah disuntik . merasa pegal-pegal dan sedikit sakit.

Penyuntikkan dilakukan di Puskesmas Garuda, kota Bandung, Jumat (28/8/2020). disuntik di bahu kiri.

Usai penyuntikan reaksi yang dirasakan pegal-pegal dan nyut selama 5 menit.

“Setelah disuntik testimoni pribadi saya agak pegal-pegal, agak nyut-nyutan selama lima menit, tapi beliau-beliaun mungkin lebih kuat sehingga tidak kerasakan hal yang sama,” kata sapaan dalam konferensi pers daring, usai penyuntikan vaksin, Jumat (28/8/2020).

“Setelah itu semua terlihat normal walaupun ada sedikit baal (kebas). kami pin disuruh menunggu selama tiga puluh menit. karena reaksinya selesai selama 30 menit. dan dicek posisi titik suntik, suhu tubuh dan kemudian itu juga dilakukan pengetesan,” lanjutnya menambahkan.

Usai penyuntikkan tahap pertama, bersama forkopimda lainnya yang menjadi relawan akan melakukan proses pengecekan harian.

Hal tersebut untuk melihat perubahan yang terjadi pada imunitas.

“Apakah imunitas kami ini naik, tetap, atau bagaimana. nah disitulah kesimpulan riset itu yang akan menjadi keputusan apakah vaksin layak diproduksi masal atau ada set back atau ada sesuatu yang harus dilalukan,” katanya.

Selama proses pengetesan harian, pihaknya dihimbau untuk tidak banyak melakukan aktivitas keluar wilayah Bandung Raya. Karena sewaktu-waktu akan dipanggil oleh pihak dokter untuk dilakukan pengecekan kesehatan.

“Yang pada saat nanti dibutuhkan konsultasi atau dipanggil oleh tim peneliti kita harus siap sedia. itulah alasan kenapa memamg para relawan rata-rata domisili di bandung raya itu semata-mata untuk memudahkan pengetesan,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here