Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaFriday Talk, Dr Kiman Bagikan Kiat Membuka Usaha

Friday Talk, Dr Kiman Bagikan Kiat Membuka Usaha

BOGOR DAILY-  Dr. Kiman Siregar, alumni IPB University yang sukses membangun bisnis mengumpulkan rekan-rekannya zaman kuliah lewat acara Friday Talk semi online di unit bisnisnya, Dakara Coffee di Jalan Lingkar Luar Laladon No.8 & 9 – Kampus Dramaga IPB.

Dalam diskusi ini, membahas soal peran Usaha Mikro Kecil Menengah () dalam mendukung ekonomi Indonesia serta cara memulai merintis usaha. Lewat aplikasi zoom, membagikan kiat membangun usaha kepada teman teman mahaisswa sekaligus bertukar pengalaman dengan para rekannya yang juga bergelut di dunia bisnis.

Salah satunya adalah memanfaatkan jaringan (networking) dan mengoptimalkan kepemilikan.

“Saya ingat saat mahasiswa itu saya sampai mengambil peluang untuk mengakomodir fotocopy materi. Jadi jiwa bisnisnya sudha muncul, minimal saya tidak perlu bayar fotocopy itu,”ungkap .

Tak hanya itu, menurutnya menjaga hubungan silahturahmi juga penting dalam menjalankan roda bisnis agar bisa lebih berkembang.

“Yang pasti kalau mau jadi pengusaha jangan takut gagal. Tanamkan dalam diri coba lagi, coba lagi sampai berhasil,”terangnya.

Ia juga meniti pesan agar anak anak mud ayang ingin terjun ke dunia bisnis tidak terlena dengan berbagai ide  namun minim eksekusi.  Juga tidak terlena dengan bisnis yang sedang merangkak naik.

“Punya 1000 ide, nggak ada gunanya kalau tidak dieksekusi. Jadi, harus berani eksekusi. Dan ini perlu diingat kalau jadi pengusaha juga jangan dulu terlena membeli sesuatu. Karena bisnisnya baru maju.  kita harus cermat,”pesannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here