Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaImunisasi Massal Vaksin Corona Awal 2021

Imunisasi Massal Vaksin Corona Awal 2021

BOGOR DAILY- Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir berharap imunisasi massal vaksin  bisa dilakukan pada 2021. Hal itu dilakukan dalam rangka memulihkan ekonomi nasional.

Sebelum masuk pada rencana imunisasi massal, Erick mengaku pemerintah akan menjaga masyarakat sehat dan produktif melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dianggarkan Rp 695,2 triliun.

“Setelah ini berjalan, tetap kita menjalankan yang namanya stimulus ekonomi, dan yang namanya penemuan vaksin yang nantinya diharapkan di awal tahun depan imunisasi massal,” kata Erick dalam video conference FMB9, Jakarta, Sabtu (15/8/2020).

Anggaran Rp 695,2 triliun ini dialokasikan untuk sektor sebesar Rp 87,55 triliun, perlindungan sosial Rp 203,90 triliun, insentif usaha Rp 120,61 triliun, UMKM sebesar Rp 123,46 triliun, pembiayaan korporasi Rp 53,57 triliun, dan sektoral kementerian/lembaga (k/L) serta pemda sebesar Rp 106,11 triliun.

Erick juga meminta pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia lebih bersabar menunggu perekonomian nasional tumbuh kembali seperti sebelum adanya Corona. Prioritas pemerintah saat ini ada tiga, yaitu Indonesia sehat, Indonesia bekerja, dan Indonesia tumbuh. Ketiga prioritas ini harus dijalankan sesuai urutannya, yaitu dimulai dengan mengatasi masalah .

“Makanya saya ketemu Kadin, kami sampaikan sabar karena setelah ini dilakukan baru kita bicara Indonesia tumbuh,” jelasnya.

Menurut Erick, jika masalah bisa ditangani, ekonomi akan bangkit dengan sendirinya meskipun pada kuartal II-2020 ekonomi nasional minus 5,32%. Akan tetapi Erick mengatakan realisasi tersebut masih lebih baik dibandingkan dengan negara lain. Dia menyebut Malaysia minus 17,1%, Singapura minus 12,6%, Filipina minus 16,5%.

“Kebijakan Presiden nggak lockdown Indonesia itu tepat. Jadi kita juga nggak usah debat lagi,” ungkapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here