Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaIni Manfaat Bacakan Dongeng untuk si Kecil

Ini Manfaat Bacakan Dongeng untuk si Kecil

BOGOR DAILY -Dalam proses perkembangan Si Buah Hati, berbagai pelajaran bisa diberikan melalui media yang berada di sekitar. Mulai dari lingkungan, permainan-permainan, hingga tayangan yang disaksikan oleh Si Buah Hati. Selain itu, membacakan dongeng juga punya peran yang penting untuk perkembangannya.

Membacakan dongeng untuk Si Buah Hati memang memiliki banyak sekali manfaat bagi perkembangannya. seorang Psikolog Klinis dan juga Nutritods Council Expert, Dra. Ratih Ibrahim mengatakan kegiatan ini ini tak hanya bisa mempererat hubungan antara ayah dan bunda dengan Si Buah Hati, namun membacakan dongeng ternyata juga bermanfaat untuk menstimulasi 5 dimensi .

Pertama, membacakan dongeng dapat menumbuhkan kemampuan kognitifnya lewat cerita dan tokoh yang ada di dalam dongeng. Misalnya bagaimana tokoh dongeng menyelesaikan konflik, ini akan membantu Si Buah Hati untuk berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah, atau ajak Si Buah Hati untuk membuat tokoh dongeng versinya untuk mengasah imajinasi dan kreativitas.

Kedua, membacakan dongeng juga bisa menjadi stimulasi yang baik bagi kemampuan motorik. Hal ini bisa dilakukan dengan memegang buku, boneka atau sarana pendukung lainnya saat membacakan sebuah cerita sehingga kemampuan motorik halus akan terlatih. Coba juga untuk memperagakan gerakan yang dilakukan tokoh di dalam cerita untuk melatih kemampuan motor kasar.

Tak sampai di situ saja, Bunda bisa melatih kemampuan bahasa dan komunikasi Si Buah Hati dari kegiatan membacakan dongeng ini. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mol, S.E dan A.G Bus pada tahun 2011, anak-anak yang rutin dibacakan buku sejak dini memiliki kosakata yang kaya dan pemahaman kalimat yang lebih baik sehingga mereka lebih siap saat waktunya sekolah nanti.

Selanjutnya, membacakan dongeng juga dapat menstimulus kemampuan sosial Si Buah Hati lewat nilai-nilai moral yang disajikan dalam suatu dongeng. Bunda bisa menanyakan tokoh di dalam cerita yang Si Buah Hati suka dan alasannya sambil mengajaknya memposisikan diri pada kondisi orang lain. Coba berdiskusi juga tentang cerita yang dibaca untuk membantu Si Buah Hati memberikan pedoman berperilaku sehari-hari bagi dirinya.

Lewat dongeng, Bunda juga bisa mengajarkan berbagai perilaku positif yang bisa ditiru Si Buah Hati, seperti perilaku sehat layaknya mengonsumsi makanan sehat, menjaga kebersihan tubuh dan lain sebagainya. Jadi bisa dikatakan, lewat dongeng Bunda bisa mengajarkan cara berperilaku sehat dengan cara yang menyenangkan.

Bunda pun tak perlu khawatir dalam memilih sebuah dongeng, karena berbagai dongeng sudah banyak ditemukan di masyarakat, bahkan Bunda dapat mengarangnya bila diperlukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here