Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorKecamatan Jasinga Masuk Kategori Paling Kering

Kecamatan Jasinga Masuk Kategori Paling Kering

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bogor, Joko Pitoyo. Foto : Andi/Bogordaily.net

BOGOR DAILY – Pemerintah Kabupaten Bogor mulai mengantisipasi adanya kekeringan di setiap kecamatan yang ada di Bumi Tegar Beriman saat musim kemarau.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Joko Pitoyo mengungkapkan, Pemkab Bogor akan membuat lumbung air di daerah langgana kekeringan dalam menghadapi musim kemarau.

Joko Pitoyo menjelaskan, pada kemarau tahun lalu data dari Pemkab Bogor menunjukan musim kemarau relatif panjang. Sehingga dari 40 kecamatan, 28 kecamatan dan 200 lebih desa mengalami kekeringan.

“Alhamdulillah sampai bulan Agustus ini kemarau yang kita prediksi lebih panjang ternyata masuk ke bulan basah, istilah yang digunakan BMKG, artinya masih ada hujan ditengah kemarau. Diperkirakan puncak musim kemarau terjadi pada pulan September,” jelasnya, kepada wartawan, Rabu (19/8/2020).

Ia menyebutkan, daerah terdampak yang paling kering tahun ini yakni di Kecamatan Jasinga sebanyak 11 desa.

“Itu melihat data yang ada pada penanganan tahun lalu BPBD bekerjasama dengan PDAM, mengirim air untuk daerah-daerah yang terdampak kekeringan,” jelasnya.

Joko menambahkan, hasil evaluasi penanganan tahun lalu, baru 50 persen yang bisa tertangani. Untuk itu kebijakan di tahun ini, pertama penanganan daruratnya harus bisa menangani 50 persen lebih daerah-daerah yang kemungkinan mengalami kekeringan.

“Kita juga mendorong masyarakat untuk saling membantu saudara-saudaranya yang mengalami kekeringan. Jadi karena faktor alamnya ada daerah yang langganan keringan, ini yang harus dibantu air dari luar. Kemudian untuk daerah yang memungkinkan kita buatkan lumbung, kita akan coba anggarkan kembali sebagai cadangan air kita,” tukasnya. (Andi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here